Arti KKN


Anda pasti sering mendengar Istilah KKN. Arti KKN sendiri bermacam-macam. Akronim KKN merupakan singkatan atau akronim resmi dalam bahasa Indonesia. Pengertian KKN dapat ditemukan pada daftar singkatan dan akronim dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) lampiran IV huruf awal akronim K.

Kepanjangan dari KKN dalam artikel ini dibatasi pada tindak pidana Nepotisme, Kolusi, dan Korupsi yang marak terjadi di negeri ini. Arti singkatan KKN ini sangat terkenal sejak merebaknya kasus-kasus KKN yang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan para koruptor dijatuhi hukuman penjara. Masalah KKN Di Indonesia umumnya gabungan dari ketiga unsur ini dan merupakan satu komplek kegiatan yang saling terkait dan saling mendukung.

Istilah Korupsi berasal dari bahasa Latin “corruptio”. Arti korupsi adalah kerusakan, kemerosotan, runtuh atau hancur dari dalam, penyuapan, pembusukan. Pengertian Koruptor adalah politisi/pegawai negeri/pejabat negara yang melakukan korupsi, melanggar norma, melawan hukum, memperdaya orang lain untuk kepentingan pribadi, memberi atau menerima suap, memberi/menerima gratifikasi.

Definisi korupsi adalah tindakan pejabat publik menggelapkan atau menyelewengkan uang negara atau uang perusahaan untuk memperkaya diri sendiri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya yang merugikan keuangan negara.
Istilah kolusi berasal dari Bahasa Inggris yaitu “to collude atau collusion”. Arti kolusi adalah dua orang atau lebih yang melakukan perjanjian atau kerjasama untuk menipu atau memperdaya orang lain. Definisi kolusi lainnya adalah usaha yang dilakukan untuk memperlancar atau mendukung tindak pidana korupsi. Pengertian kolusi adalah sekelompok orang yang mengadakan konspirasi atau persekutuan untuk melakukan kejahatan korupsi.

Istilah nepotisme berasal dari bahasa Latin yaitu “Nepos”. Arti nepotisme adalah tindakan menentukan jabatan atau kenaikan pangkat di lingkungan pemerintahan yang cenderung mengutamakan atau mementingkan keluarga, sanak saudara, kerabat.

Pengertian nepotisme adalah tindakan pejabat publik memilih seseorang untuk memegang jabatan pemerintahan berdasarkan hubungan misalnya dengan menunjuk keluarga, kerabat, sanak saudara sendiri dan bukan berdasarkan kemampuan. Definisi Nepotisme adalah kecenderungan menyalahkan kekuasaan untuk kepentingan pribadi.

Sepatutnya setelah memahami arti KKN, mari kita hindari KKN mulai dari diri sendiri dan jauhi KKN dalam bentuk apapun. Katakan tidak pada korupsi dan ayo kita dukung upaya perbaikan moral bangsa untuk mencapai Indonesia yang bermartabat, adil, makmur, dan tentu saja bebas korupsi.

Selanjutnya : Hotel Di Jakarta Selatan
Sebelumnya: Kata-kata Pencairan Emosi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar