Arti Kognitif


Arti kognitif atau istilah kognitif adalah hal yang umum untuk Anda yang menggeluti bidang pendidikan atau psikologi. Arti kata kognitif berhubungan dengan atau melibatkan kognisi. Arti dari kognitif adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan intelegensia dan perkembangan saraf. proses kognitif adalah proses perolehan, penataan, dan penggunaan pengetahuan yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan saraf ketika manusia sedang berpikir.

Definisi kognitif adalah kemampuan berfikir individu yang terdiri atas kemampuan menghafal, memahami, mengaplikasi, menganalisis/menyintesis, mengevaluasi, dan menciptakan. Pengertian kognitif atau teori perkembangan kognitif Piaget menggambarkan tahapan anak dalam beradaptasi dan menginteprestasikan berbagai objek, kejadian, dan realitas di sekitarnya yang terdiri atas tahap sensoris-motorik, pra operasional, operasional konkrit, dan operasional formal.

Istilah kognisi mencakup segenap model pemahaman. Arti kata kognisi adalah penalaran, penilaian, penangkapan makna, imajinasi, persepsi. Pengertian kognisi secara umum mencakup aktivitas menilai, menduga, memperkirakan, membayangkan, menyangka, memperhatikan, melihat, mengamati. Definisi kognisi adalah tingkah laku individu yang dibutuhkan untuk menggunakan pengertian atau tingkah laku individu yang mengakibatkan pengertian.

Konsep kognitif, afektif, psikomotorik dikenal sebagai Taksonomi Bloom yang dicetuskan oleh Benyamin Bloom Tahun 1956. Ranah penilaian kognitif adalah segala upaya yang menyangkut aktivitas otak atau kegiatan mental. pengertian aspek kognitif adalah kegiatan berpikir yang berawal dari tingkatan berpikir terendah hingga ke tingkatan berpikir tertinggi.

Tujuan aspek kognitif adalah meningkatkan kemampuan intelektual seseorang mulai dari kemampuan sederhana seperti mengingat hingga kemampuan kompleks untuk menggabungkan sejumlah produser, metode, gagasan, ide untuk memecahkan suatu masalah. Enam aspek kognitif menurut Bloom yaitu:

1. Pengetahuan/Hafalan/Ingatan (knowledge) berupa kemampuan menyusun daftar, menyatakan, menunjukkan, menyebutkan, dsb.

2. Pemahaman (comprehension) berupa kemampuan menyadur, menerangkan, merumuskan, menguraikan, menjelaskan, dsb.

3. Penerapan (application) berupa kemampuan membuktikan, menghubungkan, menghitung, mendemonstrasikan, dsb.

4. Analisis (analysis) atau sintesis (syntesis) berupa kemampuan memperkirakan, membandingkan, memilih, memisah, dsb.

5. Penilaian/Penghargaan/evaluasi (evaluation) berupa kemampuan memberi argumentasi, menafsirkan, mengkritisi, menyimpulkan, dsb.

6. Kreasi (creation) berupa kemampuan mengatur, mendisain, menciptakan, mengarang, mengombinasikan, dsb.
Untuk mencapai perkembangan intelektualitas anak atau siswa didik, Anda perlu memahami arti kognitif dengan baik, namun sebaiknya Anda juga memahami arti afektif dan arti psikomotorik.

Karena keberhasilan individu dalam kehidupannya tidak hanya ditentukan oleh Kecerdasan intelektual saja melainkan harus didukung pula oleh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

Selanjutnya : Manfaat Menonton TV bagi Anak
Sebelumnya: Kata-Kata Maaf untuk Sahabat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar