Arti Lambang Monas


Arti lambang Monas Bagi Bangsa Indonesia sangat penting. Arti singkatan Monas adalah Monumen Nasional. Tugu Monas merupakan ikon Ibukota negara yang berada tepat di jantung ibukota dan pusat pemerintahan republik Indonesia.

Sejarah pembangunan Monas dimulai pada era Presiden Soekarno yang ingin menyelenggarakan sayembara untuk mencari Ikon negara Indonesia. Pilihan Soekarno kemudian jatuh pada konsep obelisk rancangan Friederich Silaban yang kemudian diarsiteki oleh Soekarno sendiri bersama Raden Mas Soedarsono.

Arti bentuk Monas secara harfiah merupakan simbol kejantanan seorang pria (lingga) dan simbol kesuburan seorang wanita (yoni). Arti lambang Monumen Nasional merupakan bentuk penyatuan lingga dan yoni yang menggambarkan kesatuan harmonis.

Makna lambang Tugu Monas merupakan simbol untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah BelAnda sedangkan arti lidah api Monas menunjukkan semangat juang yang menyala-nyala. Arti dan makna lambang Monas merupakan simbol Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dimana Angka 17, 8, dan 45 masuk dalam Desain Monas.

5 Fakta Menarik Tentang Monas

1. Museum Nasional adalah tempat dengan tinggi 8 meter dan luas 80×80 meter yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Monas. Museum Sejarah Perjuangan Nasional ini pada keempat sisinya terdapat 12 diorama atau jendela peragaan yang menampilkan Sejarah Bangsa Indonesia dari zaman kerajaan hingga masa orde baru.

2. Taman Monas atau pelataran bawah Monas adalah hutan kota yang indah dengan luas 45×45 meter. Tinggi pelataran bawah Monas ke dasar Monas adalah 17 meter.

3. Pelataran puncak Monas adalah tempat yang tidak boleh dilewatkan karena disini Anda bisa melihat seluruh Kota Jakarta, bahkan jika cuaca cerah Anda bisa melihat Kepulauan Seribu, Laut Jawa, ataupun Gunung Salak. Untuk mencapai pelataran puncak dengan luas 11×11 meter, tersedia lift yang akan mengantarkan Anda ke puncak dalam waktu 3 menit.

4. Lidah api Monas adalah cawan di bagian puncak Monas yang berisi lidah api perunggu dengan berat 14,5 ton, diameter  6 meter, tinggi 17 meter yang dilapisi emas seberat 45 kg, terdiri atas 77 bagian yang disatukan.

5. Tinggi Monas 132 meter dan seluruh bangunan dilapisi marmer.

Sekali dalam hidup Anda, sempatkanlah untuk berkunjung ke Tugu Monas agar dapat mengagumi kemegahannya secara langsung dan untuk lebih meresapi arti lambang Monas serta mempertebal kebanggaan Anda sebagai rakyat Indonesia.

Selanjutnya : Manfaat Perpustakaan dalam Kehidupan
Sebelumnya: Tanda Suami Tidak Lagi Sayang Istri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar