Arti Logo Pramuka Jabar


Arti logo pramuka Jabar. Pramuka adalah suatu organisasi yang dirintis sejak dulu. Pramuka sering diadakan di sekolah-sekolah, mulai dari sekolah dasar. Pramuka menjadi ajang latihan kedisiplinan bagi anak. Pramuka juga melatih anak untuk kuat menghadapi medan yang berliku, kreatif, cerdas, dan menjungjung tinggi nilai mulia.

Setiap kegiatan pramuka yang ada di setiap sekolah biasanya mengadakan latihan baris-berbaris, penjelajahan, latihan tali-temali, menghafal sandi, dan tentunya kedisiplinan. Itu semua tertuang dalam arti logo pramuka jabar yang ada pada atribut pakaian pramuka.

Logo Pramuka

Logo pramuka berbentuk tunas kelapa. Logo ini diciptakan oleh Soenardjo Atmodipuro seorang tokoh pramuka. Logo tunas kelapa yang dia ciptakan mengandung arti yang sangat tinggi. Logo tersebut sesuai dengan sifat tunas kelapa atau buah nyiur, yaitu tahan lama, tumbuh di berbagai jenis tanah, tumbuh menjulang tinggi ke atas tanpa dahan, akar nyiur yang kuat, nyiur adalah pohon yang serbaguna.

Dari paragraf di atas kita dapat menyimpulkan bahwa arti dari buah nyiur yang tahan lama adalah orang pramuka adalah orang-orang yang kuat secara fisik dan mental. Tumbuh di berbagai jenis tanah mengartikan bahwa anggota pramuka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Tumbuhan yang menjulang tinggi mengandung arti bahwa anggota pramuka memiliki cita-cita yang tinggi. Akar yang kuat mengandung arti bahwa pramuka berpegang teguh pada dasar-dasar yang kuat.

Nyiur yang serbaguna mengandung arti bahwa anggota pramuka adalah anggota yang berguna bagi bangsa dan negara. Satu hal lagi bahwa cikal nyiur atau buah nyiur yang sedang dalam keadaan tumbuh mengandung suatu arti bahwa pramuka adalah inti dari kelangsungan hidup bangsa.

Pakaian pramuka berwarna cokelat tua untuk bawahan dan cokelat muda untuk atasan. Bagi anak perempuan, topi pramuka terbuat dari bambu dan bagi laki-laki terbuat dari kain tebal berwarna coeklat tua, seperti warna bawahan pramuka.

Kegiatan pramuka biasanya diadakan setiap hari Jumat siang. Tapi, untuk berpakaian pramuka biasanya di hari Jumat atau Sabtu bergantung kebijakan sekolah.

Namun, kebanyakan anak takut untuk mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Alasannya beragam. Sebenarnya kegiatan perkeloncoan dalam pramuka itu tidak ada. Ada pun kegiatan pramuka adalah pelatihan disiplin. Sesuai dengan arti logo pramuka Jabar.

Selanjutnya : Arti Warna Coklat dan Cappucino
Sebelumnya: Masa Pubertas Perubahan pada Remaja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar