Arti Mengerti, dan Pengertian Beserta Contohnya


Mengerti dan pengertian, merupakan dua kata yang tidak asing di telinga kita. Namun tahukah Anda arti dari dua kata itu? Nah, berikut akan kami bahas tentang arti mengerti, dan pengertian beserta contohnya.

Perbedaan ‘Mengerti’ dan ‘Pengertian’

Memahami kalimat ‘Arti mengerti, dan pengertian beserta contohnya’ jika tidak teliti akan menemui kesulitan. Meski dibentuk dari kata dasar yang sama yakni ‘erti’ tapi antara ‘mengerti’ dan pengertian memiliki makna yang berbeda.

Kata ‘erti’ memiliki padanan kata berupa makna atau arti. Kata ini adalah istilah yang berkaitan dengan arti kata itu sendiri tetapi lebih condong kepada hal atau sesuatu yang menunjukkan aktifitas daya pikir yang mengetahui dan mengenal sesuatu secara baik dan utuh.

Sedangkan kata ‘pengertian’ merupakan salah satu bentuk kata yang sudah mendapatkan imbuhan. Kata mengerti jika dibedah asal katanya adalah ‘erti’ dan jika kemudian ditambahi dengan imbuhan pe- sehingga terbentuk kata pengertian yang artinya menjadi rasa memahami atau mengerti.

Contoh Perbedaan Arti ‘Mengerti’ dan ‘Pengertian’

Biar lebih mudah mari kita bawa kata ‘mengerti’ dan pengertian kedalam sebuah esai singkat seperti yang tertulis dibawah ini.

Andi bisa mengerti tentang pelajaran yang disampaikan oleh dosennya yang membahas tentang pengertian dari modal sosial. Pengertian modal sosial bisa dimaknai sebagai berbagai unsur yang ada di masyarakat yang meliputi kepercayaan, norma serta jaringan yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi yang ada di masyarakat dengan cara memfasilitasi berbagai tindakan yang terkoordinir.

Konsep modal sosial merupakan salah satu konsep baru dalam ilmu ekonomi. Meskipun begitu, keberadaan modal sosial di masyarakat sudah menjadi bahan penelitian sejak puluhan tahun yang lalu.

Bukti dari adanya perrnyataan bahwa Andi sudah memahami tenga pengertian modal sosial adalah ketika dosennya memberikan pertanyaan kepadanya terkait pelajaran yang baru diberikan, Anda bisa menjawab pertanyaanya dengan lancar. Meskipun Andi menyamnpaikan pengertian tentang modal sosial dengan gaya bahasa dan struktur kalimat yang berbeda, tapi dia bisa menjelaskannya dengan alur logika yang tepat.

Dengan cara dia menyampaikan pengertian modal sosial sudah bisa menujukkan bahwa dia memang benar-benar mengerti. Dengan pertanyaan yang dilemparkan dosennya kepada Andi tidak hanyak membuat Andi semakin mengerti akan arti modal sosial, tapi juga ternyata menjadi stimulus bagi teman-temannya untuk sama-sama mengerti tentang konsep ini.

Demikian sekilas tentang penjabaran singkat perbedaan antara ‘mengerti’ dan ‘pengertian’. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Belajar Bahasa Korea serta Arti Saeng dalam Bahasa Korea
Sebelumnya: Makanan Ringan Khas Daerah Yang Unik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar