Arti Mimpi Melihat Bulan dan Bintang pada Malam Hari dalam Islam dan Jawa

Arti mimpi melihat bulan dan bintang pada malam hari dalam islam dan jawa hampir memiliki kemiripan. Namun, setiap mimpi mempunyai banyak arti tergantung penafsiran orang yang mengalaminya. Menurut ajaran Islam, mimpi yang datang di saat seseorang hampir terlelap sampai tertidur nyenyak adalah mimpi yang mengandung manfaat dan bisa menjadi nyata. Dikatakan mimpi di saat seperti itu merupakan saat dimana jiwa seseorang dekat dengan Sang Pencipta.

Allah memberikan firmannya dalam Al-Qu’rán surat Al Fath ayat 27 yang menyatakan bahwa, “Allah membuktikan mimpi itu benar adanya pada Rasul-Nya dan Rasul akan memasuki Masjidil Haram dengan tenang dan aman seperti yang dikehendaki Allah .” Semua orang bisa bermimpi dan orang bisa bermimpi dalam kondisi apapun asalkan dirinya tertidur.

Banyak orang percaya ketika seseorang bermimpi itu adalah ketika jiwanya terpisah dari fisiknya untuk sementara dan akan kembali sebelum manusia terbangun. Itulah sebabnya tidur disebut juga dengan kondisi seakan mati.

Tafsir Mimpi Bulan dan Bintang

Agama Islam mengatakan bahwa tidak semua mimpi bisa ditafsirkan sesuai dengan  makna yang dikandungnya. Tidak semua mimpi menjadi kenyataan. Ada juga mimpi yang menjad kenyataan setelah melewati berbagai rintangan dan usaha keras si pemilik mimpi tersebut. Arti mimpi melihat bulan dan bintang pada malam hari dalam islam dan jawa hampir memiliki kesamaan makna.

Orang jawa mengatakan bila orang bermimpi melihat bulan dan bintang di malam hari dalam keadaan terang benderang dan indah maka semua usaha yang sedang dijalankannya akan mendapat kelancaran dan sukses. Jika sebaliknya, hanya melihat bulan dalam kondisi sabit maka usahanya akan mengalami sedikit rintangan. Berbeda jika seseorang bermimpi kejatuhan bulan, maknanya dia akan mendapat rejeki yang tak terduga.

Percayakah pada Makna Mimpi?

Dalam islam, bintang memiliki makna mulia. Mereka yang bermimpi melihat bintang dalam keadaan indah maka akan mendapat berkah atau karunia Allah yang tak terduga dari orang-orang di sekelilingnya.

Namun, jika orang mendapat mimpi melihat banyak bintang berjatuhan ke bumi di malam hari, tandanya tidak mengenakkan. Katanya bermimpi melihat bintang jatuh seperti itu bermakna Allah akan menjatuhkan azab di tempat dimana bintang-bintang tersebut jatuh.

Jadi, mimpi bisa jadi atau tidak memiliki makna tergantung penafsiran orang. Namun, Allah telah berfirman mengenai mimpi dan ada dalam Al-Qur’án seperti yang telah disebutkan tadi.

Ya, arti mimpi melihat bulan dan bintang pada malam hari dalam islam dan jawa memang punya sedikit kesamaan. Namun, apalah artinya mimpi, yang terpenting adalah terus berusaha menjadi orang yang lebih baik setiap harinya. Amin.

Selanjutnya : Tujuan dan Syarat Pembangunan Rumah Susun
Sebelumnya: 5 Arti Mimpi Fenomena Alam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...