Arti Nama Siti Kartini


Apa arti nama Siti Kartini? Memberikan nama bagi anak merupakan hal pertama yang dilakukan oleh pasangan suami istri. Bahkan sebelum anak kita terlahir kedunia, pasangan suami istri telah membuat list beberapa nama laki-laki dan perempuan untuk nanti diberikan pada anak ketika ia lahir.

Memberikan nama yang baik bagi anak adalah kewajiban orang tua. Hal yang harus diperhatikan dalam memberikan nama adalah menggunakan nama yang baik karena dengan memberikan nama yang baik kita menyematkan doa untuk anak di masa depannya agar hidup dengan baik. Selain itu nama merupakan identitas diri yang membedakan dengan orang lain dan sebagai hal yang utama ketika ada dalam kehidupan bermasyarakat bahkan nama akan kita bawa sampai akherat kelak.

Nama merupakan hal yang kita jaga lebih dari harta, coba kita perhatikan jika kita merasa dizalimi atau diberitakan yang tidak baik maka kita akan menuntut orang tersebut dengan istilah pencemaran nama baik. salah satu nama yang memiliki arti baik adalah Siti Kartini. Lalu apa arti nama Siti Kartini?

Makna Nama Siti

Di Indonesia nama Siti begitu populer. Mungkin karena  Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk Muslim terbanyak, sehingga nama-nama yang diambil pun adalah nama-nama dari Bahasa Arab, dari nama para Nabi atau nama yang diambil dari Al-Qur’an.

Siti sendiri merupakan diambil dari kata “sayyidati” yaitu gelar untuk seorang perempuan terhormat. Di dalam Islam gelar tersebut diberikan bagi para istri Nabi, seperti Siti Hawa, Siti Hajar, Siti Sarah, Siti Khadijah, atau Siti Aisyah.

Gelar terhormat juga diberikan kepada keturunan Nabi seperti Siti Fatimah atau Siti Zainab. Dengan demikian memberikan nama Siti bagi anak maka diharapkan anak akan menjadi wanita terhormat sesuai dengan pendahulu-pendahulunya yaitu para istri nabi dan anak-anaknya.

Makna Nama Kartini

Kartini adalah salah seorang pahlawan nasional Indonesia. Ia dikenal sebagai tokoh yang memperjuangkan emansipasi wanita karena pada saat itu wanita tidak memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan tinggi. oleh karenanya ia belajar sendiri di rumah. Ia banyak belajar serta membaca buku maupun majalah.

Bahkan ia juga menulis beberapa buku untuk menuangkan ide serta ilmunya yang ia ingin bagikan. Perhatian Kartini pada wanita bukan hanya dalam mendapatkan pendidikan namun juga dalam persamaan hak dan agar mendapatkan kebebasan untuk mencapai cita-cita. Dengan memberikan nama Kartini pada anak diharapkan ia dapat memiliki kecerdasan seperti R.A Kartini dan peduli pada sesama.

Dengan demikian arti nama Siti Kartini adalah seorang wanita agung yang memiliki kecerdasan secara keilmuan serta peduli terhadap sesama. adalah jati diri yang dibawa hingg

Selanjutnya : Mempelajari Organ Reproduksi Wanita - Bentuk Labia Minora
Sebelumnya: Belajar Photo Grafi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar