Arti Salam Cium Tangan di Pipi, Kening, dan Hidung


Bersalaman dengan orang terdiri atas berbagai macam dan arti. Ada yang mencium tangan dan diletakan di pipi, kening, juga hidung. Adakah arti salam cium tangan di pipi, kening, dan hidung?

Sebenarnya salam tangan diketiga tempat itu sama saja artinya, yaitu menghormati orang yang disalami. Biasanya salaman tersebut dilakukan kepada orang yang benar-benar dihormati, misalnya orangtua, guru, dan lain sebagainya.

Namun cara cium tangan yang paling sopan serta benar adalah menempelkan punggung telapak tangan di pipi dan hidung. Sambil mencium tangan yang dihormati harus sambil memberikan ucapan salam sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Kemudian tersenyumlah dengan penuh hormat sambil menunduk sebagai tanda penghormatan.

Mencium tangan bukan hanya dilakukan oleh seseorang yang lebih muda kepada orang yang lebih tua atau orang terhormat, namun juga dilakukan oleh seorang pria kepada wanita yang menunjukkan bahwa pria tersebut menghormati si wanita. Jika ciuman itu diberikan di kening menandakan bahwa si pencium mengungkapkan kasih sayangnya kepada orang yang dekat dengannya.

Arti Ciuman Lainnya

Mencium seseorang bukan hanya dilakukan di tangan saja, bisa juga di kening, pipi, dan leher. Memberikan ciuman di kening bertujuan untuk memberikan perasaan sayang dari seseorang kepada orang lain. Misalnya, suami yang mencium begitu juga sebaliknya. Untuk suami istri ciuman di kening selalu dilakukan saat akan berangkat kerja atau pulang kerja saat sore hari.

Ada juga ciuman di pipi, jika dilakukan berarti orang tersebut menggambarkan sebuah hubungan yang sangat dekat. Mencium di pipi seseorang juga menggambarkan ungkapan kasih sayang yang dirasa. Adanya perasaan memiliki orang yang diciumnya membuatnya tidak segan atau malu lagi untuk mencium orang lain di pipinya.

Selain itu ada pula ciuman di bibir dan leher. Kedua jenis ciuman ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah dewasa dan menjalin hubungan sebagai suami istri. Itulah arti salam cium tangan di pipi, kening dan hidung. Ada juga jenis-jenis ciuman lainnya yang banyak dilakukan oleh orang-orang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Dampak Positif Pola Kebudayaan Suku Bangsa Sunda
Sebelumnya: Pengertian Kebutuhan Barang atau Jasa dan Macamnya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar