Artikel Alat Transportasi Modern di Indonesia


Transportasi darat dahulu menggunakan keledai atau kuda untuk mengangkut barang dan proses mobilisasi manusia. Kini hewan seperti kuda mulai ditinggalkan, dengan hadirnya mobil, motor, dan bus modern yang memuat lebih banyak barang dan lebih cepat dalam perjalanannya. Berikut artikel alat transportasi modern di Indonesia yang semakin berkembang.

Sistem transportasi darat modern di Indonesia ada sejak zaman Hindia Belanda di tahun 1893, salah satunya dengan adanya mobil yang dimiliki oleh seroang berkewarganegaraan Inggris bernama John C Potter. Di tahun yang sama pula, John C Potter memiliki sepeda motor. Sejak itu, kendaraan mulai berkembang dan dimiliki oleh sebagian kecil masyarakat Indonesia yang mampu membelinya.

Pada tahun-tahun selanjutnya, sistem kendaraan modern mulai beraneka ragam. Salah satunya dengan dibangunnya transportasi publik, seperti Trans Jakarta, kereta listrik, dan monorel yang sedang dalam tahap pembangunan.  Ukuran modern tersebut salah satunya ditunjukkan dengan sistem pembayaran tiket menggunakan kartu. Misalnya, kartu e-ticket pada bus Trans Jakarta yang tentu lebih praktis digunakan oleh para penumpang.

Sarana transportasi pun mulai diimbangi dengan daya dukung terhadap pelestarian lingkungan. Pada awalnya, transportasi modern masih menggunakan bahan bakar minyak yang tidak bisa diperbaharui. Kini sarana transportasi mulai dikembangkan pada arah pemanfaatan energi secara bijak dan pemanfaatan energi alternatif.

Sumber enegri listrik, misalnya, kini mulai dimanfaatkan untuk menjalankan berbagai macam roda transportasi. Kereta listrik dan mobil listrik adalah salah satu wujud kendaraan yang sudah bisa dinikmati di Jabodetabek dan Yogyakarta. Kendaraan dengan daya jangkau cepat, seperti kereta api cepat, kapal cepat, dan pesawat terbang cepat, juga mulai dikembangkan.

Di laut atau perairan, dahulunya alat transportasi masih menggunakan perahu tradisional yang mengandalkan sampan, arah angin, dan ombak. Kini kendaraan air sudah menggunakan kapal dengan tenaga mesin yang tersedia, baik di kapal kecil ataupun kapal besar.

Sedangkan di udara, kendaraan seperti pesawat terbang terus saja berkembang. Jika semula semula pesawat terbang hanya berbadan kecil dan hanya memuat sebagian kecil penumpang, kini pesawat terbang dikembangkan menjadi lebih besar dan mampu mengangkut ratusan penumpang dan barang. Demikian sedikit uraian mengenai artikel alat transportasi modern di Indonesia yang semakin hari semakin berkembang.

Selanjutnya : Mengetahui Guna Zat Gizi Bagi Tubuh
Sebelumnya: Penyebab Pria Terkena Kanker Payudara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar