Artikel Bahaya Aliran Sesat


Negara Indonesia berpenduduk muslim secara mayoritas. Namun, demikian banyak di antara saudara seiman kita yang tak mengetahui beberapa praktek yang menyimpang dari ajaran Islam. Mereka mengikuti tren atau tradisi yang ada di masyarakatnya dan tidak mengetahui bahwa tindakannya tidak diajarkan oleh syariat agamanya. Mari kita simak artikel bahaya aliran sesat ini supaya lebih berhati-hati dalam beramal dan beraktivitas dalam keseharian.

Bahaya Aliran Sesat

Islam memberikan kita jalan hidup yang khas, berbeda dengan ajaran agama dan aliran mana pun di dunia. Kekhasan kehidupan muslim didorong karena berpondasi aqidah Islam. Dengan keimanan tersebut menjadi landasan setiap amal dan perbuatannya di dunia. Oleh karena itu, seluruh muslim diwajibkan untuk melaksanakan perbuatan-perbuatan dengan berpatokan syariat Islam.

Sangat mudah sekali untuk menilai sebuah perbuatan itu sesat atau tidak dalam Islam. Caranya adalah dengan melihat apakah amal perbuatan itu dicontohkan atau diperintahkan oleh Rasulullah Saw. Bila tak ada contoh atau landasan dalilnya, maka perbuatan itu dihukumi melenceng dari ajaran Islam. Tentu saja pelakunya akan mendapatkan dosa yang besar.

Ciri pertama aliran sesat, yakni menambahkan masalah dalam aqidah, semisal mengakui nabi baru setelah Nabi Muhammad. Kasus nabi baru belakangan ini sering muncul di masyarakat Indonesia. Parahnya ada juga yang mengikuti nabi palsu seperti itu. Contoh yang lain adalah kemusyrikan seperti perdukunan, masih banyak praktek dukun di tengah masyarakat kita.

Bagi orang yang awam dalam agama, sangat mudah terpengaruh untuk datang ke dukun. Mereka berharap mendapatkan keberuntungan, seperti bertambahnya harta, memelet wanita, atau untuk menyerang orang yang dibencinya dengan ilmu santet.

Pendidikan agama yang kuat harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak, bagi orang dewasa harus sering mengkaji perkara keimanan dan syariat Islam secara berkesinambungan. Sebab dengan ilmu yang luas, seseorang dapat menjauhi apa saja yang dilarang dalam agama Islam.

Bila budaya yang salah tidak segera ditinggalkan, maka tradisi itu akan turun-temurun kepada anak dan cucu kaum muslimin di tanah air. Sebab itu didiklah anak-anak dengan landasan aqidah dan syariat yang kokoh.

Dengan begitu anak-anak akan mudah menghindari praktek ajaran sesat di kehidupannya. Sekian artikel bahaya aliran sesat ini dan semoga kita hidup dalam jalan yang lurus dan diridhoi Allah SWT.

Selanjutnya : Harga Jaket Kuning UI
Sebelumnya: Kriteria Peserta Seminar Proposal Skripsi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar