Yuk Membaca Artikel Budaya Hidup Sehat


Di era modern seperti sekarang ini, manusia begitu berdekatan dengan beragam jenis penyakit. Misalnya saja, karena kebiasan mengonsumsi makanan cepat saji, kurangnya aktivitas fisik karena sibuk dengan urusan gadget, kurang olahraga karena sibuk bekerja, serta ketergantungan rokok dan minuman keras membuat sebagian besar manusia yang hidup di zaman ini begitu mudah dan rentan terkena berbagai serangan penyakit. Diabetes, serangan jantung, obesitas adalah beberapa penyakit dan masalah kesehatan berbahaya yang justru semakin meningkat seiring dengan kemajuan zaman. Pada artikel budaya hidups ehat kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara penerapan dari polahidup yang sehat itu.

Salah satu wujud dari pembudayaan hidup sehat adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Apakah pola hidup sehat itu? Pola hidup sehat adalah ragam aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan pola makan, aktivitas fisik, dan waktu istirahat yang diatur sedemikian rupa agar tubuh menjadi sehat dan bugar. Prinsip dari pola hidup sehat adalah kontinuitas, artinya setiap aktivitas dan kegiatan untuk sehat dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan

Tidak sulit untuk melakukan pola hidup sehat. Hal ini bisa kita lakukan dari hal-hal kecil dan sederhana. Misalnya, hindari makanan cepat saji, sebaliknya pilihlah makanan segar yang diolah sendiri dan kurangi penggunaan zat adiktif dalam makanan dan minuman. Makanan cepat saji boleh dikonsumsi sesekali, misalnya tiga bulan sekali atau dalam jangka waktu tertentu. Kemudia, perbanyak mengonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung zat anti oksidan yang baik untuk kesehatan. Perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas sehari, dan hindari kopi,teh, minuman bersoda dan minuman beralkohol. Jangan lupa untuk merutinkan olahraga, idealnya olahraga dilakukan setiap hari minimal selama 30 menit. Istirahat dengan cukup minimal 6-8 jam dalam sehari

Beragam manfaat penerapan pola hidup sehat, di antaranya mengurangi resiko terserang beragam penyakit berbahaya, baik akut maupun kronis, menguatkan otot tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, meningkatkan kepercayaan diri, bahkan bisa membantu mengatasi stress dan depresi.

Semoga artikel budaya hidup sehat ini bermanfaat dan bisa diterapkan. Karena sehat adalah hak, maka beralihlah pada pola hidup yang sehat sekarangjuga.

Selanjutnya : Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan
Sebelumnya: Langkah-langkah untuk Membuat Website Melalui Joomla
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar