Artikel Ekspor-Impor Indonesia; Kegiatan dan Komoditasnya


Jika Anda sedang mencoba memahami kegiatan ekspor-impor di Indonesia, berikut ini adalah artikel ekspor impor Indonesia yang mungkin bisa sedikit membantu Anda.

Ekspor-Impor Indonesia

Ekspor adalah kegiatan mengirimkan barang dagangan atau jasa ke luar negeri. Impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri. Pihak yang melakukan kegiatan ekspor disebut eksportir, sedangkan pihak yang melakukan impor disebut importir. Kegiatan ekspor-impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri suatu negara.

Suatu negara melakukan kegiatan ekspor untuk mendapatkan devisa. Devisa tersebut berupa uang asing yang dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan dalam negeri. Kegiatan impor dilakukan oleh suatu negara untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dalam negeri yang tidak bisa dihasilkan sendiri di dalam negeri.

Seperti negara lain, Indonesia juga melakukan kegiatan ekspor dan impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya. Komoditas ekspor Indonesia terbagi menjadi tiga macam, yaitu ekspor barang migas, barang nonmigas, dan jasa.

Komoditas ekspor barang migas Indonesia berupa minyak dan gas. Komoditas ekspor barang nonmigas berupa barang-barang hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, industri, kerajinan, dan hasil pertambangan selain minyak dan gas. Komoditas ekspor jasa Indonesia adalah pengiriman tenaga kerja ke luar negeri.

Produk-produk yang diimpor Indonesia adalah produk-produk makanan jadi, seperti makanan dan minuman kemasan, susu, dan mentega, bahan-bahan pendukung, seperti bahan kimia, oabat-obatan, dan kendaraan bermotor, serta produk modal usaha, seperti mesin, suku cadang, komputer, pesawat terbang, dan alat-alat berat.

Kegiatan ekspor-impor yang dilakukan Indonesia dengan negara lain itu biasanya berupa kerja sama internasional. Kerja sama tersebut terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu kerja sama bilateral, kerja sama regional, dan kerja sama multilateral.

Kerja sama bilateral dilakukan dengan mengadakan pertukaran barang dan jasa antardua negara. Kerja sama regional dilakukan dengan mengadakan pertukaran barang antara beberapa negara di suatu wilayah tertentu. Kerja sama multilateral dilakukan dengan mengadakan pertukaran barang dan jasa antara negara-negara di seluruh dunia.

Dengan melakukan kegiatan ekpor, Indonesia dapat memperoleh keuntungan seperti dapat memperluas pasar bagi produk-produk dalam negeri, memacu pertumbuhan industri dalam negeri, memperluas lapangan kerja, dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian dalam negeri. Sementara itu, kegiatan impor dilakukan agar kebutuhan dalam negeri Indonesia akan barang dan jasa yang tidak tersedia bisa terpenuhi.

Sekian tentang artikel ekspor impor Indonesia.

Selanjutnya : Cara Penulisan Gelar yg Benar dalam Bahasa Indonesia
Sebelumnya: Contoh Jurnal Sastra Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar