Artikel Gempa Bumi di Sendai

Pada artikel gempa bumi di Sendai ini kita akan mengulas peristiwa gempa yang terjadi di Jepang pada 11 Maret 2011. Gempa bumi berkekuatan 9 skala Richter tersebut berpusat di Semenanjung Oshika dengan kedalaman 15,2 mil dan termasuk gempa bumi terbesar di Jepang selama 1200 tahun terkahir.

Gempa di Sendai

Loading...

Dahsyatnya guncangan gempa bumi Sendai telah menyebabkan peringatan tsunami di sepanjang Samudra Pasifik. Ketinggian gelombang pasang akibat gempa dilaporkan melebihi sejumlah pulau di Pasifik. Peringatan tsunami ini juga sampai di Amerika. Bahkan sejumlah kawasan di Hawai terkena badai tsunami hingga setinggi dua meter.

Di Pelabuhan Sendai, gempa bumi mengakibatkan terjadinya tsunami dengan ketinggian mencapai 10 meter. Selain itu, tsunami juga memporakporandakan Pelabuhan Kamaichi dan Pelabuhan Soma. Puluhan kendaraan dan puluhan rumah hanyut terseret pusaran air. Daerah lain yang terkena hantaman tsunami adalah Bandara Sendai. Akibatnya, landasan pacu pesawat pun terendam air.

Sejumlah bangunan di area bandara juga rusak parah. Selain kerusakan bangunan, aliran listrik di bandara ini juga terputus. Walhasil, rute penerbangan domestik dan internasional lumpuh total hingga beberapa minggu. Kondisi serupa juga terjadi di Stasiun Sendai.

Dampak Gempa Bumi

Dampak gempa bumi Sendai yang tidak kalah mengkhawatirkan adalah yang terjadi pada pembangkit listrik bertenaga nuklir di Fukushima. Guncangan gempa telah menyebabkan kebocoran radio aktif, sehingga menyebabkan paparan pencemaran yang luar biasa berbahaya bagi penduduk setempat. Bocornya radioaktif di Fukushima telah menyebabkan naiknya angka penderita kanker di Jepang.

Menurut Tokyo Broadcasting System, gempa bumi dan badai tsunami Jepang telah menelan 15.019 korban jiwa, 9.506 hilang, 5.282 terluka, ditambah lagi kerusakan material yang ditimbulkannya. Namun demikian, pemerintah Jepang rupanya cukup sigap menghadapi semua itu. Jepang sebagai salah satu negara yang rawan gempa membuat pemerintahnya telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi dan penanganan pasca gempa.

Masyarakat di sana telah dibekali pelatihan menghadapi gempa, sehingga mereka dengan sigap mampu mengambil tindakan penyelamatan diri begitu guncangan gempa melanda. Bahkan stok logistik dan selter penampungan pengungsi pun sudah disiapkan sejak dini.

Demikianlah, Jepang telah memberi contoh luar biasa dalam kesigapannya menghadapi dampak gempa bumi. Semoga artikel gempa bumi di Sendai ini juga bisa menginspirasi masyarakat dan pemerintah di negara ini.

Loading...
Selanjutnya : Tingkatan dalam Bahasa Jawa
Sebelumnya: Tes yang Sering Dilakukan di Sekolah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar