Artikel Jawa – Budaya Jawa


Dalam artikel Jawa kali ini penulis akan membahas tentang budaya Jawa yang kini dikenal dunia. Budaya Jawa merupakan salah satu budaya yang ada di Indonesia. Budaya Jawa adalah sebuah budaya yang dianut dan berasal dari masyarakat Jawa seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Khusus Yogyakarta. Budaya Jawa ini dibagi menjaid tiga jenis, yaitu budaya Jawa Timur, Budaya Jawa Tengah atau DIY, dan budaya Banyumasan.

Budaya Jawa ini mengutamakan adanya keselarasan, keseimbangan, serta keserasian dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Dalam budaya Jawa, kesantunan, kesopanan, dan kesederhanaan sangat dijunjung tinggi.

Tak hanya di negara sendiri, budaya Jawa juga terkenal di daerah perantauan orang-orang Jawa, misalnya Sumatera, Jakarta, bahkan hingga ke Suriname. Budaya Jawa memang menjadi budaya Indonesia yang paling banyak dikenal dan diminati orang-orang di luar negeri. Mereka sangat antusias jika disuguhkan pertunjukkan budaya Jawa, seperti Wayang Kulit dan Gamelan. Mereka juga sangat tertarik dengan batik dan keris.

Keris dikenal oleh masyarakat luar seperti Filipina dan Malaysia karena adanya pengaruh kerajaan majapahit. Menurut Guru Besar Arkeolog Asia Tenggara, John N. Miksic, kerajaan Majapahit menguasai beberapa wilayah, seperti Sumatera, Thailand, dan Singapura. Hal ini dibuktikan dengan adanya pengaruh-pengaruh dari kerajaan Majapahit, seperti patung, corak bangunan, seni, dan candi.

Di Yogyakarta terdapat sebuah LSM, yaitu LSM Kampung Halaman yang menggunakan remaja sebagai pemeran wayang orang. LSM ini menjadi LSM Asia yang pertaman kali mendapatkan penghargaan seni tahun 2011 lalu dari Amerika Serikat. Di Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Singapura, Gamelan bahkan menjadi salah satu mata pelajaran wajib. Atas permintaan dari masyarakat Amerika Serikat dan Eropa, pergelaran Gamelan Jawa digelar secara rutin.

Negarakretagama sebagai salah satu bagian dari sastra Jawa telah menjadi satu-satunya karya sastra Indonesia yang telah diakui sebagai Memori Dunia oleh UNESCO. Keunikan dari budaya Jawa lainnya adalah adanya tingkatan dalam bahasa Jawa, yaitu Ngoko dan Madya Krama.

Itulah budaya Jawa dengan segala keunikan dan keberagamannya. Semoga artikel Jawa ini menambah wawasan tentang budaya Jawa dan membuat kita sadar betapa kayanya negara kita dengan berbagai budaya yang dimiliki.

Selanjutnya : Lirik Lagu 60an yang Santun
Sebelumnya: Kemudahan dari Jenis Pinjaman Bank BRI
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar