Artikel Kebersihan


Artikel kebersihan banyak sekali beredar di dunia maya. Namun, ironisnya penduduk Indonesia sangat susah menjaga kebersihan. Di mana mereka masih memiliki kegemaran membuang sampah sembarangan. Lihatlah di kota besar seperti Jakarta misalnya, kali-kali penuh dengan sampah sampai mengakibatkan meluapkan air, akhirnya kebanjiran. Menjaga kebersihan sebenarnya tidaklah susah. Tinggal manusianya saja yang membiasakan untuk selalu berbuat bersih, baik bersih secara kelakuan maupun kebersihan lingkungan. Bahkan, konsekuensi iman menjaga kebrsihan. Tapi, mengapa orang seakan membuang begitu saja kalimat itu. Dan, juga pada mereka yang sering berkhotbah tentang kebersihan adalah sebagian dari iman. Jangankan bersih lingkungan, bersih badan saja sudah tidak menggubris.

Hidup bersih dan sehat adalah dambaan setiap orang yang memiliki akal. Karena, dengan bersih dan sehat akan menjauhkan dari penyakit yang menggerogoti badan. Dan yang didapat adalah umur panjang serta kebahagaiaan. Tidak ada lainnya. Di manakah kesadaran mereka akan lingkungan sehat? Indonesia adalah sebuah negara besar dengan banyak kepualaun, namun kalah dengan beberapa negara kecil di Asia, seperti, Singapura atau Taiwan, misalnya. Pemberlakuan kebersihan benar-benar terlaksana dengan baik. Bukan hanya ucapan belaka. Makanya perkembangan Indonesia dari kedua negara itu sangat kalah jauh.

Di Singapura, jangankan membuang sampah berat, membuang sampah ringan di sembarang tempat saja akan dikenakan denda. Akan tetapi, di Indonesia, bukan hanya sampah ringan, sampah berat pun seakan bebas dibuang di mana saja. Padahal, sudah ada petugas kebersihan pada tiap kampung. Dan, mereka juga di gaji. Aneka peringatan tentang sampah juga ditulis di berbagai tempat.

Tapi semua itu hanya sekadar catatan kebersihan saja. Sungguh miris dan sebuah ironi yang patut untuk diberantas. Kapan Indonesia akan maju kalau masyarakatnya juga tidak mau maju? Kapan Indonesia akan menjadi seperti Taiwan dan Singapura kalau masyarakatnya tidak memiliki kesadaran untuk menuju ke sana? Itulah secara singkat Artikel kebersihan. Semoga ke depannya masyarakat Indonesia bisa lebih menjaga kebersihan, baik dirinya maupun lingkungannya. Sehingga, kebersihan tidak hanya wacana saja.

Selanjutnya : Sejuta Manfaat Artikel Kelistrikan
Sebelumnya: Rekreasi Kehidupan Malam di Bali bagi Orang Asing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar