Artikel Kimia Industri – Bahan Kimia Industri


Dalam artikel kimia industri ini penulis akan memberikan sedikit informasi tentang bahan-bahan yang sering digunakan dalam proses kimia industri. Anda tentu tahu ada banyak bahan kimia yang dijual dipasaran entah itu sebagai campuran pada makanan, pewarnaan pada tekstil, kosmetik, pembersih, dan sebagainya. Produk-produk ini merupakan hasil-hasil dari proses kimia dan juga dijadikan sebagai bahan untuk industri kimia. Bahan apa sajakah itu? Berikut rinciannya.

•    Alkyl Benzene Sulphonic acid atau yang biasa disingkat sebagai A.B.S dan dikenal dengan istilah NANSA 1870. Bahan kimia ini berupa cairan yang kental dan berwarna coklat tua. Cairan panas ini sering dipakai dalam deterjen atau sabun sebagai bahan pembersih.

•    Aceton atau Propanon-2. Aceton berbentuk cairan yang gampang sekali terbakar dan menguap. Bahan kimia yang berbau menyengat ini sering digunakan sebagai pelarut lilin, lemak, dan plastik. Contoh nyatanya adalah penghapus cat kuku.

•    Borax. Borax memiliki beberapa bentuk fisik, yaitu Kristal dan serbuk. Borax biasanya digunakan untuk melembutkan tekstil, mengkilapkan logam, dan beberapa hal dalam bidang medis seperti pengawetan jenazah.

•    Carboxy-Methyl-Cellulose atau C.M.C memiliki karakter mengembang, lalu menjadi cairan kental jika terkena air. Bahan ini biasanya digunakan dalam pembuatan plester, tinta, deterjen, dan pengeboran.

•    Diammonium phosphate. Bahan ini umumnya digunakan dalam industri tekstil sebagai bahan untuk pewarnaan dasar di pabrik kain.

•    Ethylene glycol. Bahan ini berbentuk cairan yang agak kental, manis, namun beracun. Bahan ini biasanya digunakan untuk pelarut tinta pada pulpen, minyak rem, tinta pada stempel, dan cat.

•    Glyserin atau yang dikenal juga dengan nama Glyserol. Bahan yang berupa cairan kering ini digunakan untuk campuran bahan lain agar tidak mudah kering.

•    Hydrogen peroxide. Bahan yang berupa cairan jernih ini akan membuat kulit terbakar jika terkena kulit. Bahan ini digunakan untuk pemutih baik itu untuk bahan makanan maupun bahan lain, seperti gading, bulu angsa, atau juga untuk desinfektas pada air. Dalam bidang medis, bahan ini dipakai sebagai campuran obat kumur.

Itulah beberapa bahan yang digunakan dalam kimia industri. Sebenarnya masih banyak contoh lain. Mungkin di lain kesempatan penulis akan membahasnya lagi. Semoag artikel kimia industri ini bermanfaat bagi Anda.

Selanjutnya : Belanja di Lejel Home Shopping Produk
Sebelumnya: Beberapa Nama Legendaris Sepak Bola Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar