Artikel Konsep Psikologi Pendidikan


Artikel konsep psikologi pendidikan akan memberikan gambaran terkait dengan peran dan fungsi psikologi pendidikan dalam mendukung proses kegiatan belajar mengajar. Psikologi pendidikan sendiri merupakan studi secara sistematis terhadap proses serta faktor-faktor yang terkait dengan pendidikan. 

Dari pengertian di atas terlihat jelas adanya kaitan kuat antara psikologi pendidikan dan tindakan belajar. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika beberapa pakar psikologi pendidikan menyatakan lapangan utama dari studi psikologi pendidikan soal belajar.

Jadi, psikologi pendidikan memfokuskan perhatian pada masalah-masalah terkait dengan proses serta faktor-faktor yang berkenaan dengan belajar.

Mengingat konsentrasinya pada masalah belajar, maka sasaran utama dari psikologi pendidikan pada umumnya pendidik. Mereka dituntut menguasai ilmu ini supaya mampu menciptakan kondisi-kondisi yang dapat mendorong berlangsungnya tindakan-tindakan belajar efektif.

Fungsi pendidik menyampaikan sebanyak mungkin informasi pengetahuan kepada subjek didik kian tidak relevan. Sebab, pengetahuan adalah sesuatu yang sifatnya dinamis serta tidak terbatas.
Beberapa waktu ke belakang pendidikan mengabaikan kondisi dari peserta didik. Pendidikan tidak memperhatikan bakat dan minat peserta didik. Guru menjadi penguasa serta menganggap peserta didik ibarat botol yang kosong dan akan diisi air.

Akhirnya pendidikan hanya menjadi proses transfer pengetahuan saja. Untuk itu, psikologi pendidikan diharapkan dapat melahirkan pendidikan humanistis dan memahami karakter dan kondisi peserta didik.

Ruang lingkup dari psikologi pendidikan meliputi masalah-masalah psikologi yang erat kaitannya dengan pendidikan. Seluruh kegaiatannya diarahkan untuk membantu pengembangan seluruh potensi serta kecakapan peserta didik.

Oleh karena itu, semua hal berkaitan dengan potensi, perkembangan, kecakapan, dinamika perilaku serta kegiatan peserta didik menjadi kajian pokok psikologi pendidikan.
Psikologi pendidikan adalah alat bantu untuk para penyelenggara pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan.

Prinsip-prinsip psikologi pendidikan bisa dijadikan acuan berpikir serta bertindak untuk mengelola proses kegiatan belejar mengajar. Beberapa kegiatan yang memerlukan prinsip-prinsip psikologis, di antaranya perencanaan pendidikan, penerimanaan siswa, penyusunan kurikulum, administrasi pendidikan, penelitian kependidikan, pemilihan materi pelajaran, pelayanan bimbingan dan konseling, interaksi belajar mengajar, serta pengukuran dan evaluasi.

Demikian uraian singkat terkait dengan artikel konsep psikologi pendidikan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Anak-anak Aa Gym
Sebelumnya: Binaraga Terganteng dari India
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar