Artikel Lengkap Dampak Internet


Siapa sekarang yang tidak kenal dengan internet? Orang-orang zaman sekarang menjadikan internet bukan hanya sekedar hiburan, akan tetapi juga sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kesehariannya. Sesuatu hal pasti ada positif dan negatif begitu juga dengan internet. Ini adalah artikel lengkap dampak internet.

Interconnection networking atau yang dikenal dengan internet adalah hasil gagasan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat 1969. Tahun 1990 adalah sejarah penting internet karena Tim Berners Lee mengenalkan sistem browser seperti sekarang yang dikenal dengan World Wide Web (www).

Internet berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Kalau dulu internet hanya bisa diakses melalui komputer atau PC, sekarang muncul berbagai macam teknologi mulai dari handphone, tablet, sampai smartphone bisa digunakan untuk mengakses internet.

Dampak Internet

Internet berdampak baik untuk perkembangan komunikasi manusia karena sekarang mereka bisa berkomunikasi dengan orang yang diinginkan seakan-akan tidak terhalang oleh jarak atau waktu yang berbeda. Berkembanganya dunia internet atau juga dikenal dengan dunia maya, tidak hanya menimbulkan dampak positif yaitu  memenuhi kebutuhan manusia akan komunikasi, akan tetapi internet dengan berbagai macam jenis mulai dari jejaring sosial, game online, dan jenis hiburan lain juga berdampak negatif, mulai dari kecanduan dengan dunia maya hingga masalah kesehatan.

Seseorang bahkan bisa melupakan kegiatan sehari-harinya dan tetap duduk di depan komputer untuk bisa mengakses internet. Kejahatan yang dilakukan seseorang melalui internet atau biasa disebut dengan cybercrime bahkan bisa mengakibatkan perang antar negara.

Contohnya adalah kejahatan yang dilakukan oleh para ceacker. Sebutan untuk orang yang melakukan cracking atau penyusupan secara ilegal ke sistem jaringan, kemudian melakukan penyerangan seperti pelemahan sistem atau pemblokan sistem.

Dampak negatif lainnya adalah pergaulan di kehidupan sehari-hari yang lemah karena mereka bisa berkomunikasi melalui internet tanpa harus komunikasi langsung atau tatap muka. Setiap penemuan atau ilmu itu ibarat dua mata pisau, yang bermanfaat ketika digunakan untuk hal yang positif dan akan melukai orang atau berbahaya ketika digunakan dengan tujuan negatif.

Jadi semua kembali kepada diri sendiri atau individu. Mau menggunakannya sesuai dengan kebutuhan atau mau menjadi seorang yang serakah dan berlebihan.

Selanjutnya : Lumpia Makanan Khas Kota Semarang
Sebelumnya: Bacaan Sholat Dhuha
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar