Artikel Masalah Perekonomian Indonesia


Artikel masalah perekonomian Indonesia menjadi artikel penting dalam dunia ekonomi. Masalah ekonomi adalah masalah yang dihadapi hampir semua negara dibelahan dunia ini. Masalah yang menjadi sorotan dan menjadi topik yang perlu penyelesaian karena ekonomi merupakan tiang suatu negara yang harus berdiri kokoh agar kesejahteraan dan kelangsungan suatu negara tetap tercipta.

Beberapa masalah perekonomian yang terjadi di Indonesia di antaranya kemiskinan, inflasi, pengangguran, suku bunga bank yang tinggi, dan kebutuhan pokok yang langka pada waktu tertentu. Sehingga dibutuhkan suatu sistem dan kebijakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan ekonomi di Indonesia juga kerja sama semua pihak dalam mewujudkan perekonomian yang maju.

Setiap negara memiliki masalah yang harus dihadapi dan dicari solusi untuk mengatasinya. Perekomomian merupakan tiang suatu negara. Masalah perekonomian adalah masalah yang harus cepat diatasi agar tiang negara tetap kokoh untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat. Namun perlu suatu pemikiran, kebijakan, dan usaha yang keras untuk mengatasinya.

Sistem Ekonomi Indonesia

Indonesia memiliki sistem ekonomi yaitu demokrasi ekonomi. Sistem ini menerapkan bahwa suatu kegiatan produksi dilaksanakan oleh semua, untuk semua, dan di bawah kepemimpinan anggota masyarakat. Sistem ini memiliki motivasi yaitu untuk menciptakan kesejahteraan rakyat sehingga adanya keseimbangan kepentingan antara kepentingan pribadi/individu dengan kepentingan masyarakat.

Terdapat banyak artikel masalah perekonomian Indonesia yang memaparkan tentang masalah perekonomian yang terjadi di Indonesia di antaranya:

Pengangguran

Angka pengangguran di Indonesia semakin meningkat per tahunnya. Pengangguran bukan hanya masalah perekenomian Indonesia, namun akan menjadi masalah sosial karena semakin tinggi angka pengangguran akan semakin tinggi pula angka kriminalitas. Lapangan pekerjaan yang terbatas menyebabkan pengangguran semakin bertambah. Perlu adanya kreatifitas dan solusi cerdas untuk menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Membuka lapangan usaha walaupun kecil merupakan salah satu upaya mengurangi pengangguran.

Kemiskinan

Kemiskinan terjadi akibat tidak adanya penghasilan atau kurangnya penghasilan  yang diperoleh untuk mencukupi kebutuhan hidup. Penghasilan yang tidak seimbang dengan harga kebutuhan pokok. Kemiskinan dapat terjadi karena renadahnya pendidikan sehingga tidak mendapatkan pekerjaan yang layak. Atau pun kemiskinan diciptakan oleh sendiri karena kemalasan untuk bekerja keras.

Inflasi

Inflasi ialah proses menaiknya harga-harga yang terjadi secara umum dan kontinu. Hal ini disebabkan oleh pemakaian masyarakat terhadap barang tersebut mengalami peningkatan, tidak lancarnya pendistribusian barang atau pun meningkatnya likuiditas yang menyebabkan spekulasi. Inflasi inilah yang menyebabkan masalah ekonomi lain timbul.

Suku Bunga Bank Tinggi

Kondisi ekonomi suatu negara dapat dilihat dari suku bunga di negara tersebut. Indonesia adalah negara yang memiliki suku bunga tinggi, sehingga dibutuhkan suatu usaha pemerintah untuk menurunkan suku bunga bank. Suku bunga bank tinggi dapat menyebabkan masyarakat mengurungkan diri untuk bekerja sama dengan bank dalam menjalankan roda perekonomiannya.

Langkanya Bahan Kebutuhan Pokok yang Dibutuhkan

Langkanya bahan kebutuhan pokok sering terjadi ketika momen-momen tertentu sehingga efeknya terhadap harga barang yang lebih mahal bahkan bisa mencapai tiga kali lipat dari harga normal. Kelangkaan kebutuhan pokok biasanya terjadi ketika menjelang Idul Fitri atau Natal. Sebagian oknum nakal sengaja menimbun beberapa barang sebelumnya dan mereka menjual dengan harga yang berlipat ketika barang kebutuhan pokok seperti gas, air galon mulai langka di pasaran.

Demikian artikel masalah perekonomian Indonesia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Contoh Karya Tulis Ilmiah tentang Ikhlas
Sebelumnya: Tipe-Tipe Letusan Gunung Berapi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar