Artikel Negara Filipina – Geografis dan Penduduk


Negara Filipina adalah salah satu negara yang ada di kawasan Asia tenggara. Negara ini termasuk ke dalam salah satu negara kepulauan karena memang terdiri atas beberapa pulau. Inilah apa yang ada di dalam artikel negara Filipina.

Geografis Filipina

Negara Filipina terletak di posisi antara 116° 40′ Bujur Timur sampai 126° 34′ Bujur timur, dan 4° 40′ pada lintang Utara sampai posisi 21° 10′ Lintang utara. Dari letak ini, maka negara ini terletak dekat dengan garis khatulistiwa. dan menjadi salah satu daerah yang ada di wilayah tropis.

Sementara itu, untuk letaknya dilihat dari aspek astronomis maka negara ini termasuk ke negara yang terdiri atas beberapa pulau. Tercatat ada sekitar tujuh ribu pulau lebih yang ada di sana. Di sebelah timur, Filipina berbatasan dengan Laut Filipina. Sementara itu, di sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Dan di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Sulawesi. Di sebelah utara ada Taiwan.

Dengan kondisi fisik yang seperti ini maka musim yang ada di sana ada dua, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Sementara itu, iklim laut sangat dominan ada di sana karena keberadaan dari sebagian besar wilayah yang diapit oleh lautan.

Keberadaan banyak pulau yang ada di sana dibagi ke dalam tiga kelompok besar. Yang menjadi kelompok utama adalah pulau Luzon. Kelompok ini mencakup region I sampai V. Sementara itu, kelompok kedua adalah Visayaz yang mencakup region VI sampai VIII. Kelompok yang terakhir adalah kelompok Mindanao yang mencakup region IX sampai XIII.

Keadaan Penduduk

Penduduk Filipina mempergunakan dan memanfaatkan keadaan alam yang ada di wilayahnya untuk berkonsentrasi pada bidang pertanian. Dapat dikatakan bahwa pertanian  yang ada di negara ini berada di tingkat yang maju.

Jumlah penduduknya sebagian besar hidup di pulau utama yaitu di Pulau Luzon. Dengan Manila sebagai ibukota dan pusat peradaban negara. Kota Manila termasuk ke dalam wilayah yang metropolitan. Bahasa yang digunakan di sana adalah bahasa talalog.

Penduduk asli dari Filipina adalah dari Suku Aeta. Namun keberadaan suku asli ini sudah sangat terpinggirkan dan tergantikan oleh suku pendatang. Sebut saja dari Tionghoa, Asia Selatan dan juga Amerika. Mayoritas penduduknya memeluk agama Katolik.

Inilah beberapa hal yang ada di dalam artikel negara Filipina. Yaitu mengenai bagaimana keadaan negara tersebut secara geofrafis dan juga keadaan penduduknya.

Selanjutnya : Contoh Latar Belakang Kegiatan
Sebelumnya: Suka Duka Perusahaan Travel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar