Artikel Pancasila


Pancasila adalah dasar dari negera Indonesia. Sejak dulu hingga sekarang dasar negera Indonesia tersebut tidak berubah. Pancasila terdiri dari lima sila. Selain mengetahui nilai-nilai Pancasila, Pancasila harus diamalkan. Artikel Pancasila banyak dibuat untuk memperluas pengertian dari Pancasila dan semakin banyak orang yang mengamalkannya.

Di Indonesia, sekolah negeri atau pun swasta setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah atas, dibacakan Pancasila dan dikuti oleh seluruh peserta upacara. Pembacaan Pancasila tersebut dilakukan oleh pembina upacara dan diikuti oleh setiap peserta upacara. Hal tersebut dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila.

Meskipun Pancasila hanya terdiri dari lima sila, namun penjabarannya sangatlah luas dan tidak pernah lekang oleh waktu. Misalnya saja sila pertama. Sila pertama sudah menujukkan jika setiap warna negara Indonesia haruslah mempunyai agama. Agama tersebut sebagai tameng atau sebagai perlindungan agar tidak berbuat yang dilarang oleh agama. Di dalam Pancasila sendiri, tidak ditentukan untuk memilih agama yang mana, namun setiap warga negara Indonesia bebas memilih agama karena negara menyilahkan sesuai kepercayaan dan keyakinan masing-masing.

Sila kedua, dimaksudkan agar masyarakat Indonesia adil dan juga beradab. Manusia diharapan menjadi orang yang adil dalam segala hal kepada orang lain, meskipun adil tersebut tidak sama dengan sama. Kemudian juga tidak boleh mempelakukan orang secara sewenang-wenang, karena tidak sesuai dengan sila yang kedua.
Sila ketiga, dimaksudkan agar seluruh masyarakat Indonesia bersatu. Bersatu tersebut dalam artian seluruh masyarakat Indonesia selalu melindungi dan menjungjung tinggi Indonesia tercinta ini. Ketika ada bahaya yang mengancam, harus segara diatasi bersama.

Sila keempat dimaksudkan bahwa masyarakat Indonesia terkenal dengan sebutan negara demokrasi. Dalam negera yang demokrasi tersebut, untuk menyuarakan aspirasi rakyatnya, harus ada perwakilan. Oleh sebab itulah dibutuhkan perwakilan yang ada di pemerintahan untuk mewakili aspirasi rakyatnya.
Kelima dimaksudkan bahwa seluruh rakyat Indonesia, harus diperlakukan adil. Keadilan tersebut meliputi hak dan kewajiban sebagai masyarakat Indonesia. Hak mendapat pendidikan, penghidupan yang layak, dan juga tempat tinggal.

Esensi terhadap sila-sila yang ada dalam Pancasila tersebut dapat dijadikan sebagai sumber membuat artikel Pancasila.

Selanjutnya : Artikel Pendidikan Islam terhadap Tawuran Sekolah dan Kenakalan Remaja
Sebelumnya: Perjuangan Rakyat Dusun Kemusuk
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar