Artikel Pengertian Fosfor


Dalam artikel pengertian fosfor kali ini penulis akan membahas tentang sejarah dan karakteristik dari fosfor. Fosfor merupakan sebuah unsur yang ditemukan di Jerman tahun 1669 oleh Hannig Brand. Fosfor ditemukan dengan cara menyuling urin dengan cara menguapkannya. Nama fosfor diambil dari phosphoros (bahasa Latin) yang artinya adalah pembawa terang. Diberi nama ini karena fosfor memiliki keunikan, yaitu bisa terang dalam gelap.

Anda tentu pernah melihat kunang-kunang. Dalam gelap kunang-kunang akan memancarkan cahayanya. Anda tahu mengapa kunang-kunang bisa memancarkan cahaya? Jawabannya adalah karena kunang-kunang memiliki fofor dalam tubuhnya. Kunang-kunang menjadi salah satu contoh nyata dari keberadaan fosfor. Kunang-kunang menjadi inspirasi adanya aksesoris dinding yang bercahaya dalam gelap. Ya, fosfor sering digunakan dalam aksesoris langit-langit kamar yang bisa bercahaya dalam gelap.

Fosfor merupakan sebuah unsur dengan symbol P dan nomor atom 15. Fosfor termasuk pada unsur nonlogam dan termasuk juga pada golongan nitrogen. Selain itu, fosfor memiliki valensi yang banyak. Fosfor banyak ditemukan di dalam batu-batuan fosfat anorganik juga pada sel-sel hidup. Fosfor ini tidak pernah ditemukan dalam bentuk yang bebas.

Fosfor memiliki tingkat kereaktivan yang cukup tinggi. Unsur ini dapat memancarkan cahaya saat bergabung bersama oksigen. Fosfor ada dalam tubuh manusia dengan jumlah 1% dari berat badan yang dimiliki. Sebanyak 85% dalam bentuk garam kalsium fosfat yang ada dalam tulang dan gigi sebagai bagian dari hidroksiapatit. Hidroksiapatit ini dapat memberikan kekakuan juga kekuatan pada gigi dan tulang.

Selain dalam tulang, fosfor juga terdapat dalam otot, cairan tubuh, dan sel tubuh lainnya. Dalam DNA dan RNA yang ada dalam inti sel juga terdapat fosfor yang bertindak sebagai fosfolipid yang menjadi komponen struktur dari dinding sel. Selain itu, fosfor juga bertindak sebagai fosfat organic yang memegang peranan yang penting dalam reaksi pelepasan serta penyimpanan energi dalam Adenin Trifosfat.

Itulah sekilas tentang artikel pengertian fosfor, sejarah, dan karakteristiknya. Semoga sedikit informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Selanjutnya : Perhitungan Jodoh Menurut Weton
Sebelumnya: Langkah-langkah Penelitian Standar Metode Ilmiah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar