Contoh Artikel Perubahan Iklim Global


Contoh Artikel Perubahan Iklim Global

Dalam beberapa dasawarsa terakhir, kondisi iklim dunia semakin hari semakin memburuk saja. Mobilitas hidup manusia serta perkembangan pesat dunia tekonologi turut andil sebagai penyebab ketidakseimbangan alam yang berdampak pada maraknya eksploitasi lingkungan,

permbahan hutan, kerusakan lingkungan akibat menjamurnya pabrik-pabrik industri, serta lemahnya tingkat kesadaran manusia dalam mengantisispasi perubahan ekstrim iklim global. Padahal, banyak sudah pembahasan, tulisan, baik berupa jurnal maupun artikel perubahan iklim global dibuat agar menumbahkan kesadaran tersebut.

Perubahan iklim global harus betul-betul disadari sebagai suatu tantangan yang berat yang akan dihadapi oleh setiap individu makhluk hidup di dunia, tak terkecuali manusia.

Perlu adanya langkah nyata untuk menyiapkan diri menghadapi ‘serangan’ perubahan iklim yang dalam waktu dekat akan segera menghampiri.

Perubahan iklim secara global disebabkan oleh berbagai faktor.

Salah satu faktor yang menjadi penyumbang paling besar terhadap perubahan iklim  adalah adanya produksi karbon dioksida yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik industri yang menggunakan minyak, gas, serta batu bara dalam prosesnya produksinya.

Hal inilah yang kemudian mendorong dilakukannya revisi terhadap kebijakan negara-negara maju yang memiliki pabrik-pabrik industri besar terkemuka di dunia.

Akan tetapi kendalanya adalah, belum ditemukannya pengganti yang sepadan, yang bisa dijadikan alternatif pemakaian bahan bakar penghasil karbon dioksida, dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, negara-negara berkembang pada kenyataannya tidak dapat berbuat banyak dalam hal ini. Meraka kekurangan sumber daya material untuk membuat kebijkan-kebijkan yang mampu direalisasikan sbeagai antisipasi datang perubahan iklim global yang siap mengancam.

Problematika yang kompleks ini memang tidak bisa diselesaikan begitu saja.Hampir setiap tahun diadakan pertemuan untuk membicarakan antisipasi terhadap permasalahan ini.

Akan tetapi keinginan tersebut terbentur oleh keseriusan negara-negara maju dalam menginvestasikan dana bagi kelangsungan hutan-hutan di negara berkembang yang dapat dijadikan ‘tameng’ dalam mencegah perubahan iklim yang terjadi dengan cepat.

Jika sudah seperti ini, tentu yang bisa dilakukan dalam mengantisipasi perubahan iklim adalah menumbuhkan kesadaran masing-masing negara, untuk meminimalisir penggunaan terknologi yang tidak ramah lingkungan, sekaligus berupaya keras menjaga lingkungannya dari perusakan dan pencemaran yang semakin parah.

Artikel perubahan iklim global juga perlu sering  diterbitkan untuk menumbuhkan kesadaran tentang kelestarian lingkungan.

Selanjutnya : Pengurusan Pendidikan ke Korea
Sebelumnya: Wisata Luar Negeri Timur Tengah Biaya Terjangkau
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar