Artikel Samudra Hindia Britania


Banyak artikel samudra Hindia yang mengaitkannya dengan negara Indonesia. Hal itu agak dimaklumi karena samudra ini masih satu kawasan yang seringkali luput dari perhatian. Namun ternyata Samudra Hindia juga merupakan bagian dari kawasan Negara Britania Raya. Wilayah samudra Hindia Britania atau yang dikenal dengan British Indian Ocean Territory atau disingkat BIOT ini terletak pada garis koordinat 60 Lintang Selatan, 71o 30’ Bujur Timur. Kawasan ini terdiri dari enam kepulauan yang tergabung dalam gugus kepulauan Chagos dan sekitar 56 pulau-pulau kecil. Pulau terbesar disebut dengan pulau Diego Garcia, yang juga digunakan sebagai tempat latihan militer gabungan antara pasukan Inggris dan Amerika Serikat. Secara keseluruhan luas pulau terbesar yang berada di BIOT adaah 60 km2.

Sejarah Kepulauan di BIOT

Pada mulanya pulau-pulau  yang berada di BIOT adalah wilayah yang masuk ke dalam negara Seychelles, namun karena negara itu belum mendapatkan kemerdekaan maka kepulauan yang berada di BIOT diambil alih oleh pemerintahan Britania Raya pada tahun 1965. Kawasan BIOT terdiri dari gugusan pulau Chagos, Aldabra, Farquhar dan Desroches. Setelah Seychelles mendapatkan kemerdekaan pada tahun 1976, maka 3 pulau dikembalikan yaitu Aldabra, Faquhar dan Kepualuan Desroches.

Sementara gugus pulau Chagos tetap dikuasai Britania Raya. Dari sekian banyak pulau yang terdapat dalam gugus kepulauan Chagos hanya pulau Diego Garcia yang digunakan sebagai tempat  aktifitas militer, sedangkan pulau lainnya dibiarkan kosong tak berpenghuni. Diego Garcia ternyata pada mulanya tidak hanya diisi oleh kegiatan militer saja, namun banyak pula penghuni pulau/ penduduk lokal yang bermatapencaharian sebagai petani. Hanya saja karena aktifitas militer di pulau itu, menyebabkan petani yang bermukim di sana akhirnya dipindahkan ke Mauritius ataupun Seychelles.

Aspek Pemerintahan dan Ekonomi di BIOT

Karena merupakan bagian dari kerajaan Britania Raya, maka kawasan BIOT secara langsung berada di bawah perintah Ratu Elizabeth II sebagai pimpinan tertinggi Britania Raya. Karena hanya satu pulau yang berpenghuni, yakni di Pulau Diego Garcia maka seluruh aktifitas perekonomian berpusat di sini.Meski terpisah sangat jauh dari negara induknya yakni Britania Raya, di BIOT juga sudah tersedia beberapa fasilitas umum yang baik seperti jalur transportasi, telepon, bandara, dan juga pelabuhan.
Semoga dengan artikel samudra Hindia ini kita bisa melihat sisi lain dari kehidupan yang ada di samudra Hindia.

Selanjutnya : Pengantar Bisnis Umum
Sebelumnya: Pendidikan Luar Sekolah Cukup Penting
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar