Artikel Singkat Tentang Penghijauan


Kita seringkali membaca artikel singkat tentang penghijauan, namun tidak semua orang tergerak untuk ikut serta dalam kegiatan penghijauan. Padahal penghijauan sangat lah penting, mengingat meningkatnya polusi yang terjadi di sekitar kita. Ditambah lagi lahan untuk menambah ruang penghijauan yang mulai menipis, semakin membuat orang melupakan penghijauan.

Salah satu penyebab mengapa orang cenderung kurang peduli dengan penghijauan karena masih minimnya pengetahuan seputar penghijauan. Jadi, ada baiknya kita ulas kembali apa itu penghijauan, sampai peran dan fungsinya. Jika sudah mengetahui apa iti penghijauan berikut pesan dan fungsinya mungkin akan tergerak untuk ikut serta dalam upaya penghijauan.

Apa itu penghijauan? Secara umum penghijauan bisa diartikan sebagai bentuk pemulihan, pemeliharaan dan meningkatkan kondisi lahan kosong supaya berproduksi dan berfungsi secara maksimal. Penghijauan ini tidak hanya terbatas pada penanaman pohon tetapi juga bisa berupa pengaturan saluran atau tata air serta perlindungan lingkungan.

Lokasi yang paling umum dan harus mendapat perhatian dari upaya penghijauan ini adalah perkotaan. Bila dibandingkan dengan daerah lain, lahan diperkotaan semakin sempit. Hal ini dikarenakan pembangunan yang memakan lahan, sehingga tidak mencukupi lagi lahan hijau. Padahal lahan hijau sangat baik untuk keseimbangan lingkungan.

Salah satu bentuk atau langkah konkret penghijauan di perkotaan ini adalah menambah atau membuka taman-taman kota, jalur hijau dan sebagainya. Dengan kata lain, penghijauan di perkotaan adalah kegiatan mengisi ruang terbuka di perkotaan dengan tanaman hijau. Tumbuhan hijau ini sangatlah penting dalam lingkungan kita, karena menyaring karbondioksida dan melepaskan kembali oksigen ke udara.

Selain menyaring karbondioksida, tumbuhan hijau yang melakukan proses metabilisme dalam hidupnya bisa berfungsi memenuhi kebutuhan makhluk hidup dan meningkatkan kualitas lingkungan. Ditambah juga peran dari tumbuhan hijau yang bisa menangkis krisis lingkungan terutama di daerah perkotaan.

Oleh karena itu, mengapa penting adanya pemeliharaan hutan dalam kota yaitu guna terpenuhinya pasokan oksigen dalam udara.Penghijauan memiliki fungsi dan peran yang sangat berguna bagi kehidupan kita di dunia. Apa saja fungsi dan peran dari penghijauan? Bisa Anda simak dalam uraian berikut ini:

  1. Penghijauan bisa dijadikan sebagai paru-paru kota.
  2. Penghijauan tanaman dapat mengatur lingkungan dalam bentuk vegetasi yang membuat lingkungan setempat menjadi segar, sejuk dan nyaman.
  3. Penghijauan merupakan pencipta lingkungan hidup.
  4. Penghijauan mampu menyeimbangkan alam.
  5. Pastinya penghijauan bisa meningkatkan kesehatan lingkungan.

Itulah uraian mengenai artikel singkat tentang penghijauan untuk Anda. Pentingnya penghijauan ini terhadap keseimbangan lingkungan dan kesehatan kita mudah-mudahan bisa menjadi motivasi kita untuk ikut andil dalam penghijauan.

Selanjutnya : Cara Membuat Animasi Bergerak dengan Format Factory
Sebelumnya: Perbedaan Bandwidth dengan Capacity
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar