Manfaat Artikel Tema Ekspor Impor bagi Masyarakat

Artikel tema ekspor impor dapat kita peroleh di media massa baik offline maupun online. Banyak sekali artikel yang mengulas mengenai kegiatan ekspor impor di Indonesia, baik yang ditulis oleh wartawan, ekonom, pengamat ekonomi, pendidik, pelajar, hingga masyarakat awam. Hal ini dikarenakan kegiatan ekspor impor merupakan bagian penting dari kehidupan ekonomi di Indonesia maupun di dunia.

Kegiatan Ekspor Impor di Indonesia

Loading...

Dalam berbagai artikel mengenai kegiatan ekspor impor, kita dapat memahami apa dan bagaimana kegiatan tersebut berjalan di Indonesia dan dunia. Kegiatan ekspor impor tidak bisa lepas dari perdagangan di negara mana pun, karena setiap negara membutuhkan transaksi perdagangan dengan negara lain. Ada kalanya suatu negara mempunyai barang dan jasa dalam jumlah berlebih sehingga negara tersebut melakukan kegiatan ekspor kepada negara lain. Sebaliknya, apabila suatu negara membutuhkan barang dan jasa yang tidak dapat dihasilkan sendiri, maka negara tersebut melakukan impor barang dan jasa yang dibutuhkan tersebut dari negara lain.

Maka dari itu, ekspor dapat diartikan sebagai kegiatan menjual barang dan jasa kepada negara lain, sedangkan impor merupakan kegiatan membeli barang ataupun jasa dari negara lain. Kegiatan ekspor dilakukan apabila negara mengalami surplus dalam barang dan jasa yang diekspor, sedangkan impor dilakukan apabila negara membutuhkan barang dan jasa bagi kepentingan rakyatnya.

Indonesia melakukan ekspor barang dalam dua kategori, yaitu ekspor migas dan nonmigas. Hal ini terkait dengan kekayaan alam yang dimiliki Indonesia. Ekspor migas antara lain berupa minyak dan gas, dan hasil pertambangan seperti batubara, emas, dan alumunium. Sementara itu, ekspor nonmigas berupa hasil pertanian, perikanan, perkebunan, atau peternakan. Ekspor dalam bidang jasa antara lain adalah pengiriman tenaga kerja ke luar negeri.

Dalam kegiatan impor, Indonesia mengimpor baik bahan baku, bahan penolong, maupun bahan modal. Bahan baku yang diimpor seperti mentega, susu, dan daging. Sementara itu, yang termasuk bahan penolong, di antaranya adalah obat-obatan, bahan kimia, atau kendaraan bermotor. Untuk bahan modal misalnya mesin dan suku cadang. Selain itu, Indonesia juga mengimpor jasa dari para ahli dalam berbagai bidang.

Manfaat Artikel Tema Ekspor Impor bagi Masyarakat

Dengan membaca berbagai artikel mengenai ekspor dan impor, ada banyak manfaat yang kita dapatkan, di antaranya adalah:

  1. Mengetahui apa saja komoditi ekspor dan impor di Indonesia.
  2. Mengetahui aturan-aturan ekspor dan impor yang diberlakukan di Indonesia, termasuk syarat-sayaratnya, tentang izin yang harus dilakukan, tarif bea cukai, maupun Undang-undang yang menjadi landasan hukumnya.
  3. Mengetahui tujuan ekspor dan impor, yaitu ekspor untuk menambah devisa negara, sedangkan impor untuk memenuhi kebutuhan rakyat.
  4. Mengetahui peta perdagangan ekspor impor. Dengan pengetahuan itu para pelaku ekspor impor (pengusaha) dapat membuat langkah-langkah untuk melakukan ekspor/impor dengan lebih baik.

Demikianlah manfaat dari artikel tema ekspor impor bagi masyarakat luas. Semoga bermanfaat!

 

Loading...
Selanjutnya : Lebih Jauh tentang Komunikasi Verbal dan Komunikasi Non Verbal
Sebelumnya: Apa Kerusakan yang Terjadi di Lingkungan Sekitar?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar