Artikel Tentang Bencana Gempa Bumi


Indonesia sama seperti Jepang soal gempa bumi. Kedua negara ini terletak dia wilayah lempeng gempa yang setiap saat bisa terjadi. Secara istilah, saat gempa bumi terjadi ketika terjadi lapisan bebatuan yang berada di kerak bumi mengalami kepatahan.

Akibatnya, bumi seakan bergerak dan menimbulkan getaran yang bisa dirasakan sampai ke permukaan. Getaran yang ditemui di permukaan bumi terhantar dari kuatnya energi gelombang akibat patahan lapisan bebatuan tersebut. Artikel tentang bencana gempa ini menyoroti masalah penyebab munculnya gempa bumi.

Gempa bumi biasanya terjadi di titik tertentu . Getaran ini memiliki sifat alami dan tidak terus-menerus dirasakan. Secara teori, gempa bisa muncul akibat pergeseran mendadak (sudden slip) di dalam kerak bumi. Sementara itu, faktor pemicu getaran ada dua sumber, yaitu secara alami dan campur tangan manusia.

Penyebab alami getaran di bumi, selain dari pergeseran mendadak, juga karena faktor lain yang belum diketahui secara pasti. Biasanya faktor lain ini memicu getaran-getaran yang sifatnya kecil. Sehingga, seringkali karena terlalu lemah getarannya, manusia tidak sampai mampu merasakan getaran tersebut.

Namun, alat seismograf atau pencatat gempa mungkin lebih mampu untuk mendeteksinya. Jika getaran ini menguat, terjadilah gempa bumi yang getarannya dapat dirasakan penghuni bumi di sekitar titik pusat gempa.

Getaran karena campur tangan manusia lebih terlihat sebagai getaran kecil. Contohnya adalah padatnya lalu lintas jalan raya, getaran dari berjalannya kereta api, penggunaan bom, dan sebagainya. Namun, getaran ini tidak membahayakan dalam skala besar, kecuali mungkin peledakan bom dengan kualitas super dahsyat seperti bom atom.

Menurut studi tentang bumi, gempa bumi tidak lepas dari pengaruh kerak bumi yang sangat rapuh. Ketika terjadi gaya menekan yang tertuju pada kerak bumi, dengan mudahnya lapisan ini segera bergeser. Ibarat sebuah pondasi rumah, jika ada bagian pondasi yang mengalami kerusakan maka berpengaruh pada kemungkinan gerakan bangunan di atasnya. Oleh karena itu, saat kerak bumi bergerak lantas menimbulkan getar dan terjadi gempa.

Artikel tentang bencana gempa bumi cakupannya cukup luas. Namun inilah sekilas tentang penyebab gempa bumi yang sering muncul di Indonesia.

Selanjutnya : Riwayat Hidup Dahlan Iskan
Sebelumnya: Penemuan Ular Tedung di Jawa Barat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar