Artikel Tentang Ekosistem


Pada artikel tentang ekosistem ini kita akan membahas mengenai pelestarian ekosistem, khususnya ekosistem di laut dan ekosistem di darat.

Pelestarian ekosistem perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan ekosistem tetap terjaga termasuk mahkluk hidup di dalamnya.

Nah, pelestarian ekosistem laut bisa dilakukan dengan cara membuat suaka alam laut dan cagar alam laut.

Suaka alam laut bertujuan untuk melindungi ekosistem di wilayah pantai atau pulau tertentu sehingga masyarakat dan nelayan tidak melakukan perusakan di wilayah tersebut. Sedangkan cagar alam laut bertujuan melindungi laut dan mahkluk  di dalamnya agar bisa berkembang dengan baik.

Perlindungan seperti ini perlu dilakukan sebab banyak tindakan perusakan di laut. Seperti pencarian ikan dengan menggunakan bahan peledak sehingga merusak terumbu karang dan membunuh ikan-ikan kecil, pencarian ikan dengan menggunakan racun yang juga bisa merusak terumbu karang dan mencemari air laut serta pembuangan sampah di pantai yang bisa mencemari laut.

Sedangkan untuk ekosistem darat, salah satu langkah pelestarian ekosistem yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reboisasi atau penanaman hutan kembali.

Langkah ini perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi hutan sebagai habitat mahkluk  hidup yang telah rusak akibat penebangan liar, pembakaran hutan untuk dijadikan area perkebunan dan juga perluasan pemukiman penduduk.

Selain reboisasi, langkah pelestarian ekosistem darat adalah dengan mengurangi penggunaan pestisida di persawahan dan mengarahkan petani untuk melakukan pertanian organik yang lebih ramah lingkungan, melakukan rehabilitasi satwa langka yang dipelihara oleh warga dan mengembalikannya ke habitatnya, dan menetapkan daerah perlindungan seperti taman nasional dan cagar alam.

Pelestarian ekosistem ini tidak hanya bermanfaat bagi mahkluk  hidup di ekosistem itu saja tetapi juga bagi manusia yang berada di sekitarnya.

Ekosistem yang terjaga dengan baik membuat manusia bisa merasakan hidup yang lebih baik pula, tanah kembali subur, udara yang kembali segar, air tanah yang melimpah, keanekaragaman mahkluk  hidup yang bisa dipelajari.

Taman nasional dan cagar alam yang terjaga baik juga bisa diguakan sebagai sarana pendidikan dan rekreasi. Demikian artikel tentang ekosistem khususnya tentang pelestarian ekosistem ini, semoga bisa mendorong semua orang untuk ikut berpartisipasi menjaga kelestarian ekosistem yang ada di sekitar kita.

Selanjutnya : Khasiat Sayur Jepang: Timun Jepang
Sebelumnya: Kata Mutiara Iman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar