Artikel Tentang Ekspor dan Impor Indonesia


Artikel tentang ekspor dan impor di Indonesia sudah banyak ditemukan. Artikel tersebut banyak dibuat oleh aktivis yang memperhatikan perkembangan ekonomi Indonesia. Kegiatan ekspor impor yang terjadi di Indonesia bermanfaat sebagai devisa negara. Devisa adalah semua barang yang dapat digunakan untuk transaksi secara internasional. Devisa juga merupakan salah satu sumber pendapatan suatu negara.

Pengertian ekspor adalah kegiatan menjual atau menawarkan barang atau jasa dari dalam negeri kepada pihak asing. Sedangkan impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari pihak asing untuk kebutuhan dalam negeri. Kegiatan ekspor impor yang terjadi di Indonesia sejauh ini berjalan dengan lancar.

Adapun produk ekspor dan impor Indonesia berupa barang migas dan non migas. Barang migas berupa minyak dan gas. Barang non migas berupa hasil alam seperti hasil perkebunan, pertanian, dan lain sebagainya yang condong berupa bahan pangan.

Dari hasil pertanian, Indonesia dapat mengekpsor karet, kopi, kelapa sawit, tembakau, cokelat, dan lain sebagainya. Hasil hutan menyumbangkan rotan dan kayu, namun barang-barang ini tidak boleh diekspor dalam bentuk kayu gelondong. Jika terjadi ekspor rotan dan kayu, maka rotan dan kayu tersebut sudah menjadi barang setengah jadi untuk keperluan mebel.

Indonesia yang dikelilingi oleh lautan memberikan manfaat bagi kegiatan ekspor. Barang hasil laut yang menjadi barang ekspor adalah ikan bandeng, ikan cakalang, udang, dan ikan tuna. Hasil tambang yang menjadi barang ekspor antara lain tembaga, emas, timah, batu bara, dan aluminium. Dari industri Indonesia mengekspor tekstil, pakaian jadi, semen, dan pupuk. Untuk ekspor jasa, Indonesia memanfaatkan adanya tenaga kerja ke Malaysia dan negara-negara timur tengah.

Untuk urusan impor, Indonesia mengimpor bahan pangan berupa daging, susu, mentega, dan lain sebagainya yang merupakan bahan penolong. Ada pula bahan industri yang merupakan hasil impor, misalnya obat-obatan dan kendaraan bermotor serta alat-alat canggih yang masih belum dapat diproduksi sendiri oleh Indonesia. Manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat dengan adanya kegiatan ekspor impor antara lain berkembangnya usaha industri yang berakibat pada keekonomian masyarakat sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai artikel tentang ekspor impor. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Memilih Warna Eyeshadow yang Cocok untuk Warna Baju Ungu
Sebelumnya: Tugas Dan Tanggung Jawab Lembaga Negara Pelaksana Kedaulatan Rakyat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar