Artikel Tentang Hukum Bernoulli dan Penerapannya


Artikel tentang Hukum Bernoulli bisa jadi sudah sangat banyak. Namun, mungkin Anda masih kebingungan dalam memahami Prinsip Bernoulli tersebut. Di sini kita akan mempelajari tentang definisi Hukum Benoulli, termasuk penerapan atau aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Hukum Bernoulli ini dikemukakan oleh Daniel Bernoulli yang merupakan ilmuwan asal Belanda. Ia lahir di keluarga ilmuwan. Ayahnya, Johann Bernoulli, adalah ahli matematika. Daniel dan ayahnya bahkan sempat bersaing dalam sebuah kontes ilmiah. Tak hanya Johann, saudara Daniel yang bernama Nicolaus (II) Bernoulli serta pamannya, Jacob Bernoulli, juga seorang ahli matematika.

Secara sederhana, Hukum Bernoulli adalah konsep yang membahas tentang mekanika fluida (zat yang bisa mengalir, seperti zat cair dan gas), yaitu ketika terjadi peningkatan kecepatan pada gerak fluida, maka akan timbul penurunan tekanan pada aliran itu.

Hukum Bernoulli

Hukum Bernoulli ini berlaku pada dua jenis mekanika atau aliran fluida. Pertama adalah aliran termampatkan yang memiliki ciri berupa adanya perubahan kerapatan massa di sepanjang aliran fluida itu. Contoh dari aliran fluida termampatkan adalah aliran udara dan gas alam.

Kedua adalah aliran tak termampatkan yang memiliki ciri berkebalikan dengan aliran pertama, yaitu tidak adanya perubahan kerapatan massa di sepanjang aliran tersebut. Contohnya adalah aliran fluida air dan minyak.

Mengenai aplikasi Hukum Bernoulli, saat ini kita bisa dengan mudah menemukannya dalam kehidupan sehari-hari. Ya, prinsip Bernoulli ini telah diterapkan dalam banyak hal, salah satu contohnya adalah prinsip penyemprot racun serangga.

Anda tentu tak asing dengan penyemprot racun serangga yang biasa berbentuk silinder panjang, lengkap dengan tuas atau batang penghisap. Namun, tahukah Anda mengapa cairan racun serangga bisa disemprotkan? Di sinilah Hukum Bernoulli tersebut bekerja.

Saat gagang penghisap ditekan ke dalam pipa penyemprot, maka udara yang ada di dalam pipa seperti terdesak dan akhirnya keluar dengan cepat melalui lubang kecil yang sudah dibuat pada ujung pipa. Saat kecepatan aliran fluida (udara) sangat tinggi, maka tekanannya akan rendah. Hal ini membuat cairan racun serangga seperti tersedot naik dan akhirnya bisa disemprotkan.

Inilah artikel tentang Hukum Bernoulli, semoga bisa membuat Anda semakin mengerti tentang prinsip mekanika fluida tersebut. Tidak terlalu susah memahaminya, bukan?

Selanjutnya : Manfaat Artikel tentang Tanah
Sebelumnya: Minuman Kesehatan Susu Madu Kental Bendera
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar