Artikel tentang Kemampuan Menulis – Tip Meningkatkan Kemampuan Menulis


Artikel tentang kemampuan menulis ini berisi tip-tip seputar kemampuan menulis. Kemampuan menulis tidak didapatkan tanpa adanya usaha. Penulis terkenal sekali pun melakukan latihan menulis. Beberapa tips menulis yang dapat kita terapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam diri kita antara lain sebagai berikut:

Perbanyak Membaca

Menulis merupakan sebuah proses menuangkan gagasan serta ide yang dimiliki dalam bentuk tulisan. Hasil dari tulisan tersebut bisa berupa persuasi atau ajakan, argumentasi atau opini, eksposisi atau penjelasan serta deskripsi atau penggambaran.  Ide yang akan kita tuangkan bisa kita dapatkan dari berbagai sumber misalnya pengalaman pribadi, pengetahuan, atau opini dari pemikiran Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menggali wawasan ini adalah dengan memperbanyak membaca. Apapun itu bacalah dan pahami. Suatu saat Anda tentu akan membutuhkan informasi tersebut. Selain untuk memperkaya gagasan, membaca juga bisa membuat kita lebih belajar lagi untuk membuat tulisan yang menarik dan baik.

Menulislah dengan Teratur, Baik, dan Benar

Dengan menulis secara teratur, secara tidak langsung Anda melakukan latihan dan ini dapat menjaga bahkan meningkatkan kualitas dari tulsian Anda. Dengan latihan yang rutin, gaya bahasa yang Anda miliki akan lebih lentur dan tulisan menjadi menarik. Dalam latihan menulis, gunakanlah bahasa yang baik dan benar. Jangan karena ini hanyalah latihan lantas Anda mengesampingkan aturan dalam penulisan. Ini akan terbawa-bawa dalam tulisan Anda.

Evaluasi dan Minta Saran

Lakukanlah evaluasi setelah Anda menulis. Baca kembali tulisan Anda dan perbaiki jika ada kesalahan.  Kesalahan yang paling sering adalah penulisan huruf yang tertinggal atau terbalik, ejaan kata, serta gaya bahasa. Jadi, lakukan pengeditan setelah tulisan Anda selesai. Jika sudah selesai, mintalah rekan atau saudara Anda untuk membaca hasil tulisan Anda dan mintalah saran kepadanya. Sebaiknya Anda meminta saran pada beberapa orang agar lebih optimal. Hal ini karena selera dan pemahaman setiap orang berbeda.

Demikianlah artikel tentang kemampuan menulis ini. Semoga sedikit tips untuk meningkatkan kemapuan menulis ini dapat bermanfaat bagi Anda dan kita semua. Tingkatkan terus kemampuan menulis Anda. Siapa tahu Anda menjadi penulis besar.

Selanjutnya : Memilih Sudut Pandang yang Baik Dalam Novel Remaja
Sebelumnya: Resep Membuat Es Krim Rasa Avokad
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar