Artikel tentang Kepemimpinan


Artikel tentang kepemimpinan ini memuat informasi mengenai berbagai hal terkait kepemimpinan. Memimpin adalah keniscayaan dalam kehidupan manusia. Setiap orang akan menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri, pemimpin bagi keluarganya, pemimpin bagi para bawahannya, pemimpin bagi umat, hingga pemimpin bagi negara.

Pengertian kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk memengaruhi, menggerakkan, memotivasi, dan memberi contoh kepada orang lain. Dalam hal ini orang yang dipimpin untuk memperoleh kepatuhan, kepercayaan, penghargaan dan kerjasama dalam penyelesaian tugas atau pencapaian tujuan.

Definisi pemimpin adalah orang yang mendapat amanah atau memiliki wewenang formal untuk melakukan pekerjaan memimpin, seperti mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan para bawahan untuk mencapai tujuan organisasi.

Belajar tentang kepemimpinan dapat dilakukan secara alamiah melalui learning by doing (mempelajari sambil melakukan) atau melalui latihan dasar kepemimpinan. Karakter pemimpin sejati, yaitu memiliki kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ).

Ciri-ciri pemimpin yang baik, yaitu jujur, berempati, transparan, cerdas, cermat, profesional, tangguh, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, berwibawa, religius, memiliki kedewasaan, memiliki motivasi diri dan dorongan berprestasi, mempunyai kemampuan komunikasi yang baik dan hubungan sosial yang luas.

Gaya kepemimpinan, di antaranya sebagai berikut.

  1. Gaya kepemimpinan bebas ditandai dengan pasifnya pemimpin dan pimpinan memberikan kekuasaan penuh kepada bawahan serta cenderung menghindari tanggung jawab.
  2. Gaya kepemimpinan demokratis atau partisipatif mempunyai ciri dengan banyaknya desentralisasi wewenang, di mana pemimpin memberikan ruang yang lebih besar kepada para bawahan untuk berperan serta dan berpartisipasi aktif dalam pencapaian tujuan dan penyelesaian masalah.
  3. Gaya kepemimpinan otoriter adalah pemimpin berkuasa penuh terhadap pembagian tugas dan tanggung jawab serta segala keputusan dan kebijakan terpusat pada pemimpin sementara para bawahan hanya melaksanakan tugas yang diberikan.

Figur pemimpin ideal yang patut diteladani, di antaranya Nabi Muhammad SAW dengan kemuliaan sifat dan kebijaksanaan sikap seperti yang diriwayatkan dalam berbagai hadits, Presiden Soekarno yang merupakan pemimpin yang mengutamakan kepentingan bangsa dan agama diatas kepentingan pribadi, Joko Widodo yang merupakan pemimpin yang mau mendengar dan pemimpin yang melayani.

Artikel kepemimpinan lainnya dapat Anda baca dari berbagai sumber atau buku tentang kepemimpinan untuk mengasah jiwa kepemimpinan yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap diri manusia.

Demikian pembahasan artikel tentang kepemimpinan. Semoga dapat menambah khasanah pengetahuan dan keterampilan tentang kepemimpinan serta dapat memotivasi Anda untuk menjadi pemimpin yang amanah.

Selanjutnya : Pengertian Jamuan Bisnis dalam Dunia Kerja
Sebelumnya: Kebudayaan India Kuno yang Masih Bertahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar