Artikel Tentang Olahraga Air


Olahraga air ada banyak macamnya, sebut saja renang, polo air, loncat indah, dan masih banyak lagi. Polo air lah yang akan dibahas pada artikel tentang olahraga air ini.Salah satu olahraga air yang cukup terkenal dibeberapa negara di dunia.

Polo air merupakan olahraga di dalam air yang dilakukan secara beregu. Dapat dibilang sebuah olahraga kombinasi antara sepak bola, gulat, renang, serta bola basket. Setiap timnya terdiri atas satu kiper serta enam pemain. Agar menang, setiap regu harus menghasilkan gol paling banyak seperti layaknya sepak bola. Satu golnya dihitung satu poin.

Di Indonesia, olahraga ini sudah cukup lama dipertandingkan. Salah satunya sudah mulai diselenggarakan pada Pekan Olahraga Nasional yang pertama. Pernah juga dipertandingkan di even nasional lain maupun internasional seperti Asian Games, Sea Games, Olimpiade, serta World Championships bahkan hingga saat ini.

Di Indonesia olahraga ini sudah mulai dikenal sejak tahun 1908 dan di era tahun 1950-1960an mulai berkembang lagi. Oleh karenanya polo air sudah cukup diperhitungkan dalam tingkat Asia maupun dunia. Tim polo air Indonesia tidak pernah sekalipun tidak mengikuti Asian Games dari tahun 1954, 1958, hingga 1962 dan terakhir pada tahun 1970.

Prestasi tim polo air Indonesia selalu dinilai baik. Sayangnya, mulai tahun 1980 hingga 1999 mulai tidak berkembang lagi dengan baik lagi. Hanya pertandingan di Sea Games saja yang diikuti.Regu polo air bertanding dengan mengikutsertakan 13 orang atlet, yaitu 11 pemain dan dua kiper.

Masing-masing regu wajib untuk bertanding dengan mengenakan seragam beserta celana renang yang juga seragam serta topi yang diberi nomor 1 hingga 13. Para pemain menggunakan topi dengan warna yang berbeda, yaitu biru maupun putih. Sedangkan penjaga gawang yang memiliki nomoer 1 dan 13 berwarna merah.

Setiap regu harus membawa dua set topi, yang satu dikenakan dan satu lagi diberikan kepada sekertariat pertandingan. Tujuannya adalah jika satu topi pemain hilang, ada lagi yang lain untuk dikenakan.Meski membawa 13 orang pemain, namun yang diturunkan untuk bertanding hanya 7 orang, 1 kiper dan 6 pemain.

Sementara itu 6 pemain lainnya duduk di bangku cadangan. Satu-satunya orang yang boleh berjalan dan berdiri adalah pelatih dengan batas 5 meter untuk memberi instruksi saat menyerang. Itulah artikel tentang olahraga air, yaitu polo air. Semoga semakin menambah wawasan Anda tentang olahrga ini.

Selanjutnya : Cara Menggunakan Akun Wordpress
Sebelumnya: Cara Membuat Animasi Bergerak dengan Format Factory
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar