Artikel Tentang Rafflesia Arnoldi

Sudah pernah melihat bunga Rafflesia Arnoldi? Jika belum, setidaknya Anda bisa mengenal bunga dengan ukuran besar ini dalam artikel tentang Rafflesia Arnoldi berikut ini.

Bunga raksasa hanya tumbuh di daerah tertentu saja. Bunga Rafflesia Arnoldi ini banyak ditemui di beberapa tempat di Sumatera, seperti Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Loading...

Mengapa bunga berukuran besar ini dinamakan Rafflesia Arnoldi? Hal itu berkenaan dengan asal-usul penemuan bunga ini. Bunga Rafflesia Arnoldi ini ditemukan pertama kali oleh ilmuan berkebangsaan Inggris, yaitu Thomas Stanford Raffles dan seorang ahli botani bernama Arnol. Penemuan bunga ini terjadi tahun 1818, tepatnya di sebuah hutan di kawasan Manna, Bengkulu Selatan.

Sudah menjadi kebiasaan, jika suatu benda ditemukan pertama kali oleh seseorang, maka benda itu diberi nama sesuai dengan orang yang menemukannya.

Demikian halnya dengan bunga Rafflesia Arnoldi ini. Bunga berukuran besar itu diberi nama gabungan dari kedua penemunya, yaitu Rafflesia Arnoldi.

Bunga Rafflesia Arnoldi tumbuh di kawasan hutan primer, yaitu hutan yang belum terjamah oleh tangan manusia atau belum dilakukan pengolahan lahan.

Bunga ini memiliki ciri yang khas, yaitu tidak memiliki daun dan batang. Dengan cirinya yang khas tersebut bunga Rafflesia Arnoldi tidak bisa di masukkan ke dalam kelas tanaman tinggkat tinggi.

Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan tumbuhan endemik yang terdapat di Pulau Sumatera, tepatnya di Bengkulu, Jambi dan Sumatera Selatan. Konservasi utama spesies bunga ini ada di Taman Nasional Kerinci Seblat.

Tetapi, di Pulau Jawa ternyata juga ada satu jenis rafflesia yang tumbuh dari jenis patma parasit. Keberadaan bunga ini di Pulau Sumatera terancam punah dikarenakan penggundulan hutan.

Bunga Rafflesia Arnoldi ini sebagai tumbuhan parasit yang tidak memiliki akar, tidak ada daun, serta tidak memiliki tangkai. Ketika sedang mekar, diameter bunga ini bisa mencapai 1 meter dan beratnya mencapai angka 11 kg.

Bunga ini bisa menghisap benda di sekitarnya, tetapi hanya tanaman anorganik dan organik dari tumbuhan inangnya. Bunga besar ini memiliki lima daun mahkota, yang mengelilingi bagian pusatnya sehingga terlihat seperti mulut gentong.

Itulah ulasan singkat mengenai artikel tentang Rafflesia Arnoldi, yang dikenal dengan sebutan bunga bangkai karena aromanya yang khas. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Ini Dia Cara Memasukkan Kode GTA PC!
Sebelumnya: Keuntungan Ranjang Lipat Dinding
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar