Artikel tentang Software Komputer


Komputer sudah bukan barang mewah lagi saat ini. Banyak aktivitas keseharian kita yang sangat ditunjang oleh perangkat canggih ini.

Software Komputer

Penggunaan komputer bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Hal itu dimungkinkan dengan adanya software sebagai penunjangnya. Kita bisa mencari tahu dari artikel tentang software komputer untuk memilih software apa saja yang bisa kita manfaatkan di perangkat komputer kita.

Dalam Bahasa Indonesia, kata software diterjemahkan menjadi perangkat lunak. Yaitu program yang berisikan fasilitas-fasilitas yang bisa dijalankan untuk mengolah data dengan tujuan tertentu. Karena keberadaan software inilah. Maka sebuah perangkat bisa digunakan.

Kita bisa mendapatkan software dengan berbagai cara secara mudah. Dari cara penyebarannya, software bisa dibedakan menjadi software berbayar dan software gratisan.

Software berbayar didistribusikan dengan cara dijual secara resmi di toko-toko tertentu. Ya, kita harus membeli terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Software dijual dalam bentuk kemasan CD.

Produk ini memiliki lisensi terdaftar secara sah dan dilindungi oleh hukum, Penyalahgunaan terhadap penjualan atau pembelian produk jenis ini termasuk melanggar hukum (ilegal).

Banyak juga pembuat program yang menyebarkan software buatannya secara bebas alias gratis. Namun di antaranya. ada pula yang menyertakan ketentuan tersendiri. Software gratisan ini terdiri dari beberapa golongan, antara lain freeware, shareware, proprietary software, dan open source.

Software dengan status freeware bisa kita dapatkan secara gratis. Kita memang tidak dipungut biaya apapun, namun tetap harus mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh si pembuat. Peraturan tersebut di antaranya adalah kita tidak diperkenankan memanfaatkan produk mereka untuk tujuan yang melanggar hukum.

Software dengan status shareware artinya kita bisa memperoleh software tersebut secara gratis tapi dalam jangka waktu terbatas. Misalnya gratis masa percobaan satu tahun. Nah, setelah masa satu tahun ini habis, kita dikenakan biaya jika ingin memperpanjang penggunaannya.

Software dengan status open source juga bisa kita dapatkan secara gratis. Selain menggunakannya, kita juga bisa mengutak-atiknya jika ingin melakukan perubahan atau tambahan fitur pada software ini. Penyebaran software ini dilakukan secara bebas tanpa ikatan apapun.

Selanjutnya : Macam-Macam Pidato SD Tertulis
Sebelumnya: Menambah Penghasilan dengan Membuat Kerajinan dari Batu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar