Asal Mula Alam Semesta Menurut Alquran

Banyak versi yang beredar dalam masyarakat tentang asal mula alam semesta. Namun sebagai seorang muslim, tentunya kita harus lebih mempercayai apa yang disampaikan dalam kitab suci Al-Quran, meski dalam keseharian kita lebih banyak dihadapkan dengan  teori-teori yang semuanya masih bersifat perkiraan bukan kepastian.

Semuanya masih bisa berubah seiring dengan kemajuan tekhnologi yang ada. Salah satu teori penciptaan alam semesta yang paling terkenal ialah teori Big Bang (Ledakan Besar) yang dicetuskan oleh Stephen Hawking.

Loading...

Teori Big Bang

Dalam teori Big Bang, penciptaan alam semesta dikatakan terjadi secara spontan dan bersamaan serta memakan waktu yang sangat lama. Teori Big Bang mengatakan bahwa pada mulanya seluruh alam semesta ini berbentuk sebuah bola raksasa.

Lalu bola raksasa tersebut meledak dan jadilah alam semesta yang terdiri dari planet, bulan, bintang dan sebagainya. Dengan kata lain, teori tersebut mengatakan bahwa penciptaan alam semesta terjadi dengan sendirinya tanpa ada campur tangan siapapun di dalamnya.

Penciptaan Alam Semesta Dalam Al-Quran

Tentu saja keyakinan seperti ini sangat berlawanan dengan keyakinan yang diajarkan dalam Islam. Sebagai seorang muslim, kita diajarkan bahwa segala sesuatu tak ada yang terjadi dengan sendirinya. Semuanya terjadi atas kehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala, Sang Maha Pencipta. Termasuk kejadian alam semesta, semuanya terjadi atas kehendak-Nya.

Dalam Islam, penciptaan alam semesta telah diberitakan jauh sebelum teori-teori asal mula alam semesta tersebut dicetuskan. Dalam Surah Al Anbiya ayat ke-30, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?”

Islam mengatakan bahwa penciptaan alam semesta yakni bumi beserta langit terjadi melalui beberapa tahapan dan tidak bersamaan. Dimulai dari penciptaan bumi dalam dua hari (masa) sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran surah Fushshilat ayat 9.

Di ayat selanjutnya (ayat ke-10) disebutkan tentang penciptaan bumi beserta isinya pada hari ketiga dan keempat. Sedangkan penciptaan langit beserta ketujuh lapisannya pada hari kelima dan keenam disebutkan pada ayat ke 11 dan 12. Sehingga total penciptaan keseluruhan tersebut selama enam hari.

Adapun kesempurnaan penciptaan alam semesta tersebut terjadi pada hari keenam yang jatuh pada hari Jumat, sebagaimana disebutkan dalam surah Al-A’raf ayat 54.

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita senantiasa mengembalikan segala sesuatunya kepada Al-Quran maupun Sunnah Rasulullah yang shahih, karena keduanya  adalah kitab suci yang wajib menjadi pegangan dan pedoman kita. Termasuk meyakini akan penciptaan dan asal mula alam semesta ini.

Loading...
Selanjutnya : Bukti Bahasa Melayu Sampai Ke Jawa Tengah
Sebelumnya: Aplikasi Kamus PC
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar