Asal Mula Kota Bumi Lampung Utara


Asal Mula Kota Bumi Lampung Utara

Asal mula Kota Bumi Lampung Utara menurut sejarah, berdiri sejak tahun 1959.  Sembilan tahun setelah Indonesia merdeka.  Seiring peraturan pemerintah pada UU No. IV / 1965 yang menjelaskan tentang proses pembentukan kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Maka setelah disetujui oleh pemerintah pusat, maka resmi berbiri kabupaten Lampung Utara dengan ibukota Kota Bumi.

Selang berapa tahun kemudian, karisidenan Lampung di tetapkan menjadi Propinsi Lampung resmi berdiri, dan  Kabupaten Lampung Utara bergabung ke Lampung.

Lebih Dekat dengan Kota Bumi Lampung Utara

Setelah mengetahui asal mula Kota Bumi Lampung Utara.  Ada baiknya mari meninjau tentang Kabupaten Lampung Utara sedikit lebih jelas. Kota Bumi terkenal dengan sentra pertanian paling besar di Lampung.

Luas daerah Kabupaten Lampung Utara 2.725,63 km2  , saat ini membawahi 23 kecamatan. Kabupaten ini mempunyai wilayah administrasi yang paling luas dari kabupaten lain di propinsi Lampung.

Sedangkan jumlah penduduk menurut sensus terakhir pada tahun 2010, tercatat ada 584.277 jiwa.  Masyarakat yang tinggal di kabupaten ini datang dari berbagai etnis.

Potensi Kabupaten Lampung Utara

Setiap kabupaten memiliki potensi sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat, dan pemasukan daerah.

Begitupun Lampung Utara, memanfaatkan lima sektor perekonomian yang dimanfaatkan secara optimal

    Sektor pertanian

Dari sektor pertanian kabupaten ini mampu memproduksi beras sebanyak 170 ribu ton per tahun. Sedangkan produksi jagung mampu menyumbang 140 ribu ton per tahunnya.  Hasil perkebunan lain adalah lada, palawija, kakao dan kopi.

•    Sektor peternakan

Pada sektor peternakan di kabupaten ini meliputi sapi sebanyak 14 ribu ekor , kambing 58 ribu ekor  dan kerbau 1 600 ekor. Potensi lain adalah peternakan unggas.

•    Sektor perikanan

Sedangkan sektor perikanan bisa mencapai 9 ribu ton per tahun.  Produksi perikanan di hasilkan dari budidaya ikan air tawar yang dikembangkan di sejumlah kabupaten.

•    UKM
Sektor usaha kecil menengah / UKM berupa produksi olahan makanan seperti keripik pisang, kopi, dan masih banyak lagi.

•    Sektor pariwisata

Kabupaten Lampung utara memiliki sejumlah objek pariwisata, yang menjadi andalan pemasukan daerah. Yakni : bendungan Tirta Shinta, air terjun Curup Paten dan waduk Way Arem.

Demikianlah sekilas tentang  Asal mula Kota Bumi Lampung Utara. Semoga ada manfaatnya.

Selanjutnya : Contoh Aspek Material Seputar Wanita Karier dan Ibu Rumah Tangga
Sebelumnya: Pentingnya Mematuhi Hukum Internasional
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar