Asal Mula Manusia Purba


Ada beberapa perdebatan mengenai asal mula manusia purba. Ada yang mengatakan manusia berasal dari Afrika yang kemudian menyebar ke seluruh dunia, ada juga yang berpendapat bahwa manusia berasal dari Eropa, yaitu Neanderthal. Hingga kini kepastian tentang asal usul manusia purba karena hal ini sudah terjadi jutaan tahun yang lalu. Satu-satunya hal yang dapat membuktikannya adalah adanya bukti-bukti nyata seperti fosil-fosil.

Para arkeolog yang melakukan penelitian juga pernah menemukan adanya lukisan gua yang diduga ada sejak 30 ribu tahun sebelum Masehi. Hal ini membuktikan bahwa adanya hal-hal kecil dapat membuktikan atau menjadi pondasi dari sebuah teori besar mengenai manusia purba. Artinya, fosil-fosil yang kecil seperti batu juga dapat membuktikan adanya kehidupan di masa lalu dan memberikan titik terang tentang asal usul manusia sebenarnya.

Masih ingat dengan teori evolusi yang dikemukakan oleh Charles Darwin yang mengatakan bahwa manusia berasal dari seekor kera. Menurut teori ini, planet bumi sudah ada sekitar 5 milyar tahun silam. Awalnya di bumi tidak ada kehidupan manusia, yang ada hanyalah air dan tumbuhan primitif yang terbentuk sekitar 410 juta tahun silam. Baru sekitar 4 juta tahun yang lalu muncullah satu species yang diperkirakn berasal dari Afrika.

Species ini diduga merupakan cabang atau keturunan dari kera yang kemudian mengalami perkembangan menjadi Homo Sapiens, yaitu manusia modern yang ada sekarang ini. Hal ini merujuk pada ditemukannya fosil Homo Sapiens. Selain Homo Sapiens ditemukan juga fosil-fosil lain, seperti Australopithecus yang ditemukan di Ethiopia dan diperkirakan hidup sekitar 4 juta tahun silam dan Homo Erectus yang ditemukan di Afrika, Eropa, dan Asia yang diperkirakan ada sekitar 1 juta tahun silam.

Hingga kini teori evolusi Darwin menimbulkan berbagai tanggapan. Ada yang setuju, ada juga membantahnya. Misalnya saja, para agamawan yang berpendapat bahwa manusia adalah keturunan nabi Adam dan bukan berasal dari kera yang berevolusi manjadi manusia.

Itulah sekilas tentang asal usul manusia purba. Dari mana asal mula manusia purba ini sebenarnya masih misteri karena tidak ada yang bisa meyakinkan kebenarannya. Semoga artikel asal usul manusia purba ini bermanfaat.

Selanjutnya : Keunggulan dan Kelemahan Jenis Soner W8
Sebelumnya: Mengartikan Logo Ibadah Umroh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar