Asal Mula Nama Tokoh Mickey Mouse


Siapa sih yang tidak kenal tokoh tikus cerdas nan lucu bernama Mickey Mouse ini? Si Mickey Tikus ini namanya usah sangat melegenda. Orang-orang di seluruh dunia, baik tua maupun muda, pasti mengenalnya, atau setidaknya pasti pernah mendengar namanya. Tapi, sebenarnya dari mana sih asal mula nama tokoh Mickey Mouse ini?

Tokoh kartun ini muncul pertama kali pada tahun 1920an. Awalnya, tokoh ini diberi nama Mortimer Mouse. Tapi istri Walt Disney, Lilian, dikabarkan tidak menyukai nama itu.

Akhirnya Walt Disney mengubah nama Mortimer menjadi Mickey, hingga akhirnya dikenallah nama Mickey Mouse sampai sekarang. Walau sudah tidak digunakan, tapi nama Mortimer tetap digunakan dalam karakter kartun Disney. Nama itu dipakai oleh tokoh yang menjadi nama seekor tikus lain yang juga menyukai Minnie, dan menjadi musuh Mickey.

Tadinya, tokoh Mickey ini dibuat untuk menggantikan tokoh Oswald, the Lucky Rabbit. Tokoh ini, bersama Minnie, pertama kali muncul tahun 1928 di Plane Crazy.

Walt Disney akhirnya memproklamirkan hari lahir Mickey Mouse pada 18 November 1928, saat dirilisnya Steamboat Willie, film animasi Mickey Mouse yang memakai suara.

Masa kejayaan tokoh Mickey Tikus berlangsung hingga tahun 1950an, sebelum akhirnya digeser oleh kepopuleran Tom and Jerry. Belum lagi dengan kemunculan ‘saudaranya’ yaitu Donald Duck,yang ternyata menjadi tokoh Disney yang lebih digemari daripada Mickey.

Tapi, Mickey lebih dianggap sebagai simbol keceriaan. Walau kurang terkenal dibandingkan Donald, namun The Walt Disney Company menggunakan Mickey Mouse sebagai simbol. Siluet kepala tikus yang lucu ini menghiasi seluruh produk Walt Disney.

Mantan presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, bahkan menyebut Mickey sebagai simbol kebaikan yang melampaui bahasa dan budaya. Seseorang akan merasa ceria jika melihat Mickey Mouse.

Di awal kemunculannya dalam film yang bersuara, suara karakter Mickey diisi langsung oleh Walt Disney. Walt mengaku sangat bangga karenanya. Tapi karena kesibukannya, akhirnya tugas itu beralih pada seorang aktor bernama Jim MacDonald.

Keceriaan Mickey tentu semakin bertambah dengan hadirnya Pluto, anjing peliharaannya. Sepertinya, nama tokoh Mockey Mouse ini akan selalu mengisi keceriaan di mana-mana dalam waktu yang lama.

Selanjutnya : Macam-macam Kartu Kredit BCA
Sebelumnya: Belajar Singkat Macam-macam Aplikasi Hack
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar