Teori Tentang Asal Mula Negara Menurut Para Ahli

Teori tentang asal mula negara menurut para ahli memberikan pendapat yang berbeda-beda. Di dalam suatu negara akan terbentuk suatu pemerintahan untuk mengatur dan memerintahkan  masyarakat dan memiliki kewajiban dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mensejahterakan masyarakat dan melindungi masyarakat. Di dalam negara tersebut, terdapat pemimpin pemerintahan yang bertanggung jawab penuh dalam memimpin masyarakat suatu negara.

Pengertian Negara

Secara umum pengertian dari negara yaitu suatu organisasi yang berkewajiban untuk melindungi masyarakat, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat serta memiliki wewenang dalam mengatur kehidupan masyarakat.

Menjaga keutuhan suatu negara merupakan tugas dari suluruh masyarakat dan pemerintahan yang terdapat pada negara tersebut. Oleh karena itu, dalam hidup bermasayarakat sebaiknya memiliki rasa cinta yang tinggi terhadap suatu negara demi keutuhan bangsa.

Teori Tentang Asal Usul Negara Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa teori yang menjelaskan tentang asal usul negara. Teori yang menjelaskan tentang  asal mula negara menurut para ahli dapat dibedakan menjadi beberapa macam yaitu sebagai berikut:

a.  Teori tentang hukum alam

Para ahli yang mencetuskan tentang teori hukum alam yaitu Aristoteles dan Plato. Di dalam teori ini menjelaskan bahwa suatu negara dapat terbentuk karena sesuatu yang alamiah oleh para manusia yang hidup sebagai makhluk sosial dan dapat berkumpul, demi tercukupinya kebutuhan hidupnya.

Menurut pendapat dari Plato negara merupakan sutau keluarga besar yang saling berhubungan, bekerja sama, untuk memenuhi kebutuhan sebagai tugasnya sendiri dalam setiap anggotanya. Sedangkan pendapat dari Aristoteles tentang negara yaitu berasal dari suatu keluarga, bertambah menjadi kumpulan keluarga, sehingga menjadi desa, dan meluas menjadi masyarakat dalam suatu negara.

b.  Teori tentang suatu perjanjian

Para ahli dari teori ini yaitu Aristoteles, Plato, John Locke, J. J Rousseau, dan Thomas Hobbes. Menurut teori tentang perjanjian ini menjelaskan bahwa kehidupan manusia telah dipisahkan oleh zaman sebelum ada negara dan zaman setelah ada negara hingga terbetuknya suatu perjanjian tentang terbentuknya negara.

c.  Teori tentang kekuasaan

Para ahli dari teori ini yaitu dikemukaan oleh Leon Duguit, F. Oppenheimer, Harold J Laski, Karl Marx dan Frederick Engels. Teori ini berisi tentang terbentuknya suatu negara karena orang lemah ditaklukkan oleh orang kuat.

d.  Teori tentang ketuhanan

Para tokoh ahli yang menganjurkan teori ini yaitu F. Hegel, Ludwig Von Halfer, Thomas Aquinas, F. J Stahl, dan Agustinus. Teori ini berisi tentang bertahtanya suatu raja karena kehendak Tuhan.

Demikian penjelasan tentang teori dari asal mula negara menurut para ahli. Semoga informasi ini dapat menambah ilmu pengetahuan tentang macam-macam teori dari asal mula terjadinya suatu negara.

Loading...
Selanjutnya : Alasan dari Pernyataan Istri Tanggung Jawab Suami
Sebelumnya: Apa Saja Istilah Kalimat dalam Laptop
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar