Asal Mula Terbentuknya Danau Toba


Danau Toba adalah salah satu tempat terindah di Provinsi Sumatera Utara. Bagaimana asal mula terbentuknya Danau Toba? Danau ini terbentuk dari sebuah gunung, bernama Gunung Toba, yang diperkirakan meletus sekitar 74 ribu tahun yang lalu. Letusan Gunung Toba inilah yang akhirnya membentuk Danau Toba.

Para ilmuwan dari Michigan Technological University, yaitu Bill Rose dan Craig Chesner, memperkirakan, saat meletusnya  Gunung Toba memuntahkan bahan-bahan vulkanik.

Bahan-bahan vulkanik seperti batuan ignimbrit dan abu vulkanik itu ditiup angin hingga ke Cina dan Afrika Selatan. Lontaran debunya diperkirakan mencapai ketinggian sampai 10 kilometer di atas permukaan laut.

Tentu saja, letusan dahsyat ini menimbulkan kematian massal, yang menyebabkan 60% manusia pada masa itu tewas. Hingga kini masih banyak yang menduga bahwa letusan Gunung Toba ini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya zaman es. Tapi hal itu masih menjadi perdebatan.

Bagian yang sekarang menjadi Danau Toba itu adalah puncak Gunung Toba, yang tersisa setelah letusan besar tersebut. Air yang kini menjadi air danau adalah air hujan yang turun setelah peristiwa letusan Gunung Toba.

Air itu tetap berada di lubang besar bekas letusan, karena tidak dapat turun ke lembah. Air itu tetap berada di lubang bekas letusan hingga kini.

Di tengah-tengah Danau Toba juga terdapat sebuah pulau, yaitu Pulau Samosir. Pulau itu diduga merupakan bagian dari bekas letusan yang letaknya tinggi, yang disebabkan karena adanya tekanan magma yang belum keluar, sehingga tidak digenangi air. Itu adalah asal usul Danau Toba berdasarkan ilmu pengetahuan atau sains.

Sedangkan legenda yang beredar dikalangan rakyat Sumatera Utara, Danau Toba disebabkan oleh hal lain. Dikisahkan ada seorang anak yang tidak mematuhi pesan dari ibunya, sehingga membuat ayahnya marah.

Karena sangat marah, si ayah mengutuk anaknya menjadi seekor ikan. Karena sedih anaknya menjadi ikan, ibunya pun akhirnya menyusul anaknya, menjadi seekor ikan.

Akhirnya sang ayah pun merasa sedih karena ditinggal oleh istri dan anaknya. Dia menangis terus sepanjang waktu. Kesedihannya ini membuat alam pun bersedih, sehingga turunlah hujan yang sangat deras yang terus menerus, hingga rumah mereka terendam menjadi danau, yaitu Danau Toba.

Asal mula terbentuknya Danau Toba baik dari sisi ilmu pengetahuan maupun legenda rakyat semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang keberadaan danau tersebut.

Sehingga diharapkan semua kalangan masyarakat senantiasa dapat menjaga kelestarian Danau Toba sebagai salah satu kekayaan alam Indonesia.

Selanjutnya : Pengaruh Dan Dampak Televisi Terhadap Remaja
Sebelumnya: Membaca Berita Koran Pikiran Rakyat Versi Cetak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar