Asal Mula Terjadinya Erupsi Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung di Jawa Timur yang sudah dikenal sebaga objek wisata paling diminati. Di balik keindahannya tersebut, sebenarnya Gunung Bromo adalah gunung berapi aktif. Asal mula terjadinya erupsi Gunung Bromo sudah dimulai sejak tahun 1767. Bahkan sampai sekarang, gunung yang terkenal akan keindahan matahari terbitnya ini telah puluhan kali meletus dengan rentang waktu rata-rata 4-6 tahun sekali.

Menurut catatan sejarah, letusan terbesar Gunung Bromo terjadi pada tahun 1974. Dampak dari letusan dahsyat itu terasa hingga radius 6-10 Km. Erupsi terakhir Gunung Bromo terjadi pada tahun 2011 lalu. Menurut penduduk sekitar, saat itu Bromo meletus belasan hingga puluhan kali dalam sehari. Dari letusan tersebut, awan panas, lava pijar, juga material berupa abu dan kerikil terus dikeluarkan dari gunung tersebut.

Pada masa itu, Gunung Bromo terus berganti-ganti status, mulai dari waspada, siaga, hingga awas. Pergantian status inipun berubah dengan cepat. Bahkan di sekitar akhir tahun 2010 silam, status Bromo yang masih waspada langsung naik menjadi awas hanya dalam kurun waktu 24 jam.

Bromo memang memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan kebanyakan gunung di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Bromo termasuk gunung low vulcanic, artinya saat gunung setinggi 2.329 meter ini meletus, Bromo dominan mengeluarkan pasir dan abu.

Walau tergolong low vulcanic, bukan berarti Bromo tidak menimbulkan dampak besar bagi masyarakat di sekitarnya. Hal paling berbahaya dan harus diwaspadai saat Gunung Bromo meletus adalah semburan awan berwarna kekuningan. Awan kekuningan ini sebenarnya memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi yang tentu berbahaya bagi siapapun yang menghirupnya.

Tak hanya awan belerang, semburan debu atau abu juga bisa merugikan penduduk sekitar karena bisa mengganggu pernafasan. Kerusakan akibat abu vulkanik ini juga bisa terlihat pada hutan lindung di kawasan Gunung Bromo, termasuk ladang dan perkebunan para petani sehingga kebanyakan dari mereka harus merugi.

Ulasan asal mula terjadinya erupsi Gunung Bromo di atas kiranya bisa memberikan sedikit gambaran bagi Anda yang mungkin belum pernah bepergian ke objek wisata tersebut. Walau mungkin menakutkan, Bromo sebenarnya adalah gunung yang indah dan patut untuk dikunjungi.

Selanjutnya : Belajar Menulis Melalui Berita Harian Kompas Hari Ini
Sebelumnya: Alat Musik Piano Keyboard yang Cocok untuk Pemula
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...