Asal Usul Agama di Dunia


Asal usul agama di dunia akan sedikit diulas dalam artikel ini khususnya agama Islam, Kristen dan Yahudi. Kebanyakan manusia di dunia sudah memeluk berbagai macam agama atau kepercayaan.

Namun masih banyak pula yang atheis atau tidak percaya terhadap yang namanya Tuhan. Terbentuknya satu agama (Kristen, Yahudi, serta Islam ) mempunyai asal usul yang sama yakni dari bangsa Semit. Bangsa Semit sendiri berasal dari wilayah Arab.

Penggunaan kata Arab pertama kali nampak pada abad ke-9 sebelum masehi. Perlu diketahui bahwa bangsa Arab tidak senantiasa terdiri dari orang-orang Islam, namun juga orang Kristen serta Yahudi. Sebagian buktinya yaitu ada perabadan nabath yang didirikan oleh bangsa Arab beragama Kristen. 

Ketiga agama barat itu Kristen, Yahudi, serta Islam mempunyai latar belakang yang sama. Bisa dibuktikan dari kitab agama Islam, kitab agama Kristen (perjanjian lama), ditulis di dalam rumpunan yang sama yakni bahasa Semit.

Di antara dari perjanjian lama kata “Tuhan” memiliki makna yang sama juga dengan kata “Allah” yang digunakan oleh kaum muslim (kata “Allah” bermakna simpel yakni Tuhan).

Bangsa Indo-Eropa yakin pada banyak dewa di periode itu. Sesaat bangsa Semit juga jadikan ciri khas bangsa Semit sejak zaman dulu saat mereka sudah dikumpulkan dengan keyakinan satu Tuhan (monoteisme). Agama Yahudi, Islam, serta Kristen memiliki ide dasar yang sama yakni yakin pada satu Tuhan.

Bangsa Semit mempunyai pandangan yang linier pada histori seperti sesuatu garis lurus di mana terciptanya dunia yaitu awal dari kehidupan (terciptanya manusia) serta kiamat sebagai akhir.

Di zaman ini kota Jerusalem adalah kota yang mutlak untuk ketiga agama tersebut. Ini juga sebagai bukti bahwa ketiga agama tersebut datang dari satu asal. Di kota tersebut ada beragam Sinagog (Yahudi), Gereja (Kristen), Masjid (Islam) terkemuka.

Oleh karena itu maka kota Jerusalem jadi area sumber pertikaian di mana orang saling membunuh serta memperebutkan kota bersejarah ini. Sekarang Anda telah mengetahui asal usul agama di dunia khususnya agama Islam, Kristen dan Yahudi ini. Semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila ada kesalahan.

Selanjutnya : Periode Satu Pemerintahan Soeharto Hingga Lenggser
Sebelumnya: Hikmah Haji terhadap Individu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar