Asal Usul dan Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Asal usul dan perkembangan ilmu pengetahuan akan menjadi sebuah pencarian yang panjang. Sejak Nabi Adam sebagai manusia pertama di dunia  diturunkan, maka ilmu pengetahuan pun dimulai.
Bumi yang semula hanya dihuni oleh makhluk dan benda non-manusia tentu saja belum memberikan sumbangsih apapun bagi asal usul dan perkembangan ilmu pengetahuan. Karena hewan dan tumbuhan adalah makhluk tak berakal.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat diciptakan sebagai manusia, Nabi Adam kemudian diajari berbagai ilmu pengetahuan yang bahkan malaikat pun tak tahu. Ilmu pengetahuan inilah yang menjadi bekal Nabi Adam di bumi. Dan ilmu pengetahuan ini pun terus berkembang seiring dengan  berkembang biaknya anak cucu Nabi Adam di dunia.

Jadi, bila ada yang bertanya tentang asal usul ilmu pengetahuan sudah pasti jawabnya adalah dari sejak Nabi Adam hadir di bumi. Sedangkan perkembangannya akan terus terjadi selama bumi masih berputar.
Setiap masa selalu ada ilmu baru yang ditemukan manusia. Selalu ada ilmuwan yang mengadakan riset dengan berbagai topik. Mulai dari  ilmu tentang bahasa, ilmu ekonomi, ilmu komunikasi, teknik, penerbangan, tekstil, militer, dan sebagainya.

Sebagai makhluk cerdas yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa dengan akal dan pikiran. Manusia tidak henti selalu berinovasi dalam segala bidang ilmu pengetahuan. Setiap zaman mencetak ilmuwan terkenal masing-masing.

Para ilmuwan terkenal dunia antara lain adalah :

•    Ibnu Rushd/Averroes lahir di Kordoba Spanyol 1128 M.  Seorang ahli filsafat, ahli kedokteran dan masalah hukum.

•    Ibnu Sina/Avicenna lahir di Uzbekistan 980 M.Seorang filsuf, ilmuwan, dokter yang terkenal dengan 450 buah buku karangannya mengenai ilmu kedokteran dan filsafat. Ibnu Sina digelari sebagai Bapak Kedokteran Modern.

•    Al Biruni  lahir di Asia Tengah tahun 545 H. Al Biruni menghasilkan karya sebanyak 120 buah buku tentang matematika, filsafat, obat-obatan, dan sebagainya. Karya Al Biruni memberi banyak sumbangsih bagi dunia ilmu pengetahuan modern. salah satunya adalah penemuan “Astrolab” serta hasil penelitiannya mengenai radius Bumi yaitu 6.339,6 kilometer.

Demikianlah sedikit kisah tentang tentang asal usul dan perkembangan ilmu pengetahuan

Loading...
Selanjutnya : Asal Usul dan Persebaran Manusia di Kepulauan Indonesia
Sebelumnya: Belajar Menulis Melalui Berita Harian Kompas Hari Ini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar