Asal Usul Kota Pati


Anda tentu tahu kota Pati. Kota Pati berada di Provinsi Jawa Tengah. Meski banyak orang yang mengetahui kota ini, tapi masih sedikit orang yang mengetahui asal usul kota Pati. Dalam artikel ini penulis akan sedikit membahas tentang asal usul kota Pati.

Kota yang memiliki nama kabupaten yang sama dengan nama ibukotanya ini berada di wilayah Pantura yang berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, Kabupaten Blora dan Grobogan di Selatan, Kabupaten Rembang di Timur, dan Kabupaten Jepara dan Kudus di Baratnya. Asal muasal Kota Pati ini memang sedikit sulit untuk diungkap. Kota ini dahulu pernah menjadi bagian dari kerajaan Majapahit.

Inilah asal muasal dari kota Pati. Zaman dulu, setelah kerajaan Singosari runtuh, pulau Jawa tidak memiliki pemerintahan yang jelas. Lalu muncul seorang penguasa dari Gunung Muria yang mengangkat dirinya menjadia adipati kemudian menguasai kadipaten.

Waktu itu, ada dua penguasa. Pertama, Adhipati Yudhapati yang berasal dari kadipaten Paranggaruda. Ia memiliki kekuasaan di Kabupaten Grobogan. Kedua, Puspa Andungjaya yang beradal dari Kadipaten Carabgsoka. Ia memiliki kekuasaan dari pantai utara sampai Rembang. Mereka berniat untuk menjodohkan putra dan putri mereka. Saat pesta pernikahan berlangsung, putri dari Puspa Andung jaya yaitu Rara Rayungwulan malah melarikan diri bersama seorang dalang yang bertugas untuk menghibur di pesta pernikahan tersebut. Setelah itu, terjadilah peperanga.

Orang-orang Paranggaruda akhirnya mati karena membela kehormatan. Kemudian Rara Rayungwulan dinikahkan dengan Raden Kembangjaya, seorang patih dari Carangsoka karena sudah berjasa. Sang dalang yang membawa lari Rara Rayungwulan malah menjadi patihnya.

Dalam kekuasaan Kembangjaya, wilayah kekuasaannya terus bertambah hingga ke wilayah selatan. Kemudian Kembangjaya wafat dan digantikan oleh anaknya yaitu Raden Tambranegara. Raden Tambranegara memindahkan kadipaten ke wilayah barat dan mengubah namanya menjadi kadipaten Pati.

Raja Jayanegara yang pada masa itu menjadi raja Majapahit, tiap tahun meminta upeti bunga pada Raden Tambranegara. Hal ini dilakukan agar kekuasaan kadipaten ini mendapatkan status dari Majapahit.

Itulah asal usul kota Pati. Semoga sedikit informasi ini bias menambah wawasan Anda tentang sejaha kota di Indonesia.

Selanjutnya : Cara Alami Mengatasi Diare
Sebelumnya: Macam-macam Bisnis Waralaba Modal Kecil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar