Sejarah Asal Usul Kota Surabaya

Membicarakan asal-usul kota Surabaya tidak terlepas dari penggambaran dua simbol yang terdapat dalam tugu kebanggaan kota ini. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu kota terbesar di Indonesia ini memiliki sebuah tugu berbentuk buaya dan ikan hiu.

Sekilas bila dilihat, rancangan tugu tersebut menggambarkan buaya dan ikan hiu yang sedang bertarung. Rupanya, pembuat tugu tidak sembarangan menciptakan desain tugu seperti itu. Sebab, ada makna historis yang sebenarnya mewakilkan asal-usul terbentuknya kota Surabaya.

Asal Usul Surabaya

Ada beberapa versi yang mengungkapkan asa-usul kota Surabaya. Beberapa di antaranya seperti berikut ini:

• Surabaya berasal dari kata ‘sura’ dan ‘baya’. Sura memiliki arti selamat, sedangkan baya diartikan sebagai bahaya. Dua kata ini dihubung-hubungkan dengan perjuangan rakyat ketika merebut Indonesia dari tangan penjajah.

Salah satu kota yang berhasil diambil oleh rakyat dari tangan penjajah adalah kota Surabaya ini. Oleh karena itu, para sesepuh pada zaman itu memadankan kata sura dan baya secara bersamaan hingga terbentuk kata Surabaya.

• Asal-usul kedua menyatakan bahwa nama Surabaya diambil dari kata ‘buyo’ yang artinya buaya dan ‘suro’ yang artinya ikan hiu besar yang kuat. Sebenarnya, dua kata itu diambil karena pengaruh letak geografis kota Surabaya pada saat itu, di mana kota Surabaya dikelilingi oleh banyak perairan seperti sungai dan laut.

Di sungai-sungai yang mengalir di sekitarnya memang sering ditemukan buaya. Sedangkan di wilayah perairan lautnya sering ditemukan ikan hiu besar. Kata Suro dan Buyo kemudian dijadikan perwakilan nama pasukan yang bertempur mempertahankan Surabaya dari serangan musuh. Suro digunakan untuk menyebut pasukan Tar-Tar, sedangkan Buyo digunakan untuk menyebut pasukan dari kerajaan Majapahit.

• Pendapat ketiga mengatakan bahwa kota Surabaya berasal dari nama Jaka Sura dan Jaka Baya. Kedua orang ini adalah prajurit kerajaan Majapahit yang sangat berani. Keduanya sama-sama tangguh. Kerena keberanian yang mereka miliki, keduanya menjadi sombong dan saling bertengkar.

Hingga suatu ketika, mereka dikutuk oleh seorang yang sakti pada masa itu. Jaka baya dikutuk menjadi buaya dan Jaka Sura dikutuk menjadi ikan hiu besar. Sejak itu, dikenallah nama Surabaya sebagai nama kota tersebut.

Begitulah asal-usul kota Surabaya. Tertarik mengunjungi kota historis yang satu ini? Silahkan mampir!

Selanjutnya : Asal Usul Daerah Kabupaten Pati
Sebelumnya: Cerita Basa Jawa Asal Usul
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini