Aspek Kejiwaan Demokrasi Pancasila

Apa yang dimaksud dengan aspek kejiwaan demokrasi Pancasila? Apa ada aspek lain selain aspek kejiwaan? Dua pertanyaan yang mengarah kepada proses pemahaman tentang bagian dari dasar negara Indonesia.  Sebagaimana diketahui bahwa Pancasila adalah ideology yang menjadi dasar bagi penyelenggaraan proses pemerintahan dan pembangunan yang ada di Indonesia.

Berasal dari bahasa Sansekerta, Pancasila mengandung arti 5 prinsip yang harus dipatuhi oleh semua warga negara Indonesia. Dalam kehidupan bernegara ada yang namanya demokrasi Pancasila yang memiliki banyak aspek. Dalam artikel berikut akan dibahas secara singkat tentang berbagai aspek yang ada didalam demokrasi Pancasila.

Aspek Kejiwaan  Demokrasi Pancasila

Yang dimaksud dengan aspek kejiwaan Pancasila adalah semangat yang terkandung dalam setiap kehidupan warga negara Indonesia seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945. Setiap aparatur negara harus mempunyai semangat untuk mengabdi kepada rakyatnya. Setiap pemimpin harus semangat untuk memimpin  apa yang dipimpinnnya.

Selain itu karena dalam penyelenggaraan demokrasi Pancasila, pemain yang terlibat dalam penyelenggaraan negara ini bukan hanya pemain tunggal, maka prinsip-prinsip menghormati serta menghargai antara satu kelompok dengan kelompok lain harus dijunjung tinggi. Dengan dijunjungnya prinsip-prinsip ini,  maka penyelenggaraan musyawarah akan berjalan dengan benar sesuai dengan yang terpatri dalam demokrasi Pancasila.

Aspek-aspek Lain Dalam Demokrasi Pancasila

Selain aspek kejiwaan, ada beberapa aspek lain yang terdapat dalam demokrasi Pancasila, yakni:

Aspek Material

Aspek material dipahami sebagai gambaran adanya pengakuan terhadap keberadaan manusia dalam konteks kehidupan bernegara. Dalam bahasa lain, aspek material adalah memanusiakan manusia. Posisi manusia Indonesia dalam pembangunan bukan sebagai objek tapi menjadi subjek yang berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Aspek Normatif

Aspek Normatif berarti aspek yang berbicara tentang norma-norma yang menjadi guidance atau petunjuk dalam kehidupan bernegara untuk mencapai apa yang dicita-citakan bersama. Aspek ini harus dijunjung serta dipatuhi oleh segenap warga negara termasuk para pemimpinnya.

Aspek Optatif

Aspek optatif berarti penjabaran tentang tujuan yang ingin dicapai oleh seluruh rakyat Indonesia. Contoh dari aspek optatif penegakan hukum, terciptanya negara sejahtera dan sebagainya.

Aspek Formal

Aspek formal adalah aspek yang berbicara tentang mekanisme pemilihan wakil-wakil rakyat yang diperoleh melalui penyelenggaraan pemilihan umum yang sesuai dengan prinsip jujur dan adil.

Aspek Organisasi

Aspek organisasi merupakan keberadaan organisasi yang berperan dalam rangka menyukseskan pembangunan Indonesia. Misalnya organisasi-organisasi pemerintahan.

Demikian sekilas tentang pengertian aspek kejiwaan demokrasi Pancasila serta penjabaran dari aspek-aspek lain yang juga termaktub dalam demokrasi Pancasila. Semoga penjabaran singkat ini membawa manfaat.

Loading...
Selanjutnya : Mengenal Lebih Jauh Aliran Ninja Jepang
Sebelumnya: Anggaran Perencanaan dalam Pengembangan Operasional Perusahaan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar