Asyiknya Mancing Popping

Bagaimana asyiknya mancing popping? Buat Anda yang suka memancing popping, pasti tahu bagaimana asyiknya mancing popping. Para pemancing biasanya akan memakai umpan popper untuk memancing, bukan ikan kecil atau makanan ikan seperti biasanya.

Popper ini dibuat dari bahan kayu yang beratnya beragam, serta memiliki treble hook pada bagian depan, belakang, dan bawah dari body popper-nya. Biasanya pemancing mania menargetan ikan Giant Trevally), Tenggiri, Layaran, dan lainnya sebagai sasaran, dan memancing dilakukan di danau, sungai besar atau lautan dengan menggunakan perahu.

Mamancing popping ini tidak sembarangan dilakukan. Pemancing akan menggunakan beberapa bahan berikut, agar mendapatkan hasil pancingan yang memuaskan.

Popper sebagai Umpan

Memilih popper harus dilakukan dengan cermat berdasarkan target dan daerah pemancingan, agar kegiatan memancing berhasil dilakukan. Popper ini nantinya akan dilemparkan, di mana semakin jauh jarak lemparan akan semakin baik. Jarak lempar ini bisanya dipengaruhi oleh berat dari popper, panjang joran dan senar yang digunakan.

Ada beberapa tipe popper yang biasa digunakan dan berpengaruh terhadap asiknya mancing popping.

• Pertama adalah shugger, yang memilki cekungan menyerupai mangkok dan bentuk kepala rata. Untuk menggunakannya adalah dengan cara disentak agar timbul bunyi pop,pop,pop akibat kepalanya tabrakan dengan air sehingga menimbulkan cipratan air untuk menarik perhatian ikan pemangsa agar mau mendekat popper.

• Kedua adalah Chugger, yang biasanya digunakan para memancing untuk memancing di daerah yang airnya tenang. Popper ini sangat disukai oleh jenis ikan pelagic.

• Ketiga, popper, yang digunakan pada daerah dengan air berombak adalah Pencil. Cara menggukanannya tidak dengan disentak-sentak namun terus ditarik, sehingga tidak timbul bunyi atau splash yang kuat. Biasanya popper ini sangat disukai oleh tuna, layaran dan tenggiri.

Joran sambung 2

Joran sambung 2 dengan ring yang ukurannya cukup besar dan panjangnya sekitar  2.1m hingga 2.5m. Ini untuk memudahkan agar dapat dengan cepat meluncur serta lancer apabila digulung.

Reel spinning

Reel spinning dengan kapasitas spool yang cukup besar biasanya memiliki ukuran sekitar 8000 hingga 10.000.

Leader Line

Menggunakan leader Line yang ukurannya sekitar 80 lbs hingga 150 lb.

Senar

Senar, lebih baik menggunakan senar PE6 untuk lebih mudah dalam melempar, sehingga popper terlempar lebih jauh. Selain itu, agar kapasitas pada reel menjadi lebih banyak.

Loading...
Selanjutnya : Apa Arti Deskriptif bagi Seorang Pengarang?
Sebelumnya: Bela Negara Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar