Atletik dan Cabang-cabangnya


Apa yang menjadi keunggulan atletik dan cabang-cabangnya? Olahraga yang teratur, dapat membuat tubuh sehat dan kuat. Oleh karena itu, meskipun terdapat banyak cabang olahraga, tapi semuanya mempunyai peminat masing-masing. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali cabang atletik, salah satunya adalah lari.

Atletik

Selain lari, masih ada juga lompat tinggi dan lombat jauh. Ketiga cabang atletik tersebut mungkin saja yang sudah pernah kita lakukan dan praktekkan. Kurikulum pelajaran olahraga di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sangat dekat dengan ketiga jenis atletik, yakni lari, lombat jauh dan lompat tinggi.

Cabang atletik lari sendiri terdiri dari beberapa macam, antara lain lari jarak pendek dan lari jarak jauh. Lari jarak pendek meliputi lari 100 meter dan lari 200 meter, sedangkan lari jarak panjang, di antaranya adalah lari maraton.

Cabang atletik yang biasanya paling disenangi anak-anak yakni lari maraton, sebab lari maraton kerap dilakukan di luar lingkungan sekolah. Murid-murid pun dipersilahkan untuk keluar dari sekolah, berlari menuju jalan-jalan desa yang ada di sekitar sekolah. Hal ini adalah hal yang sangat mengasyikkan, karena siswa bisa berjalan-jalan keluar dari tembok sekolah serta bermain di jalan.

Hal ini tentu lebih santai daripada tetap berada di sekolah. Sedangkan untuk atletik lari jarak 100 meter dan 200 meter, cukup di sekolah saja. Karena sekolah biasanya mempunyai lapangan yang luas.

Selain menyediakan tempat untuk lari jarak pendek, sekolah juga menyediakan tempat untuk lompat jauh dan lompat tinggi. Tempat yang dipersiapkan untuk lompat jauh dan lompat tinggi adalah sebuah kolam pasir agar ketika jatuh, siswa tidak merasakan sakit. Sedangkan untuk lompat tinggi, maka diperlukan satu buah kayu dan dua buah tiang, dengan ukuran ketinggian yang telah disesuaikan agar bisa dicapai.

Cabang atletik yang ada di dunia tidak jauh berbeda dengan cabang atletik yang ada di Indonesia. Cabang-cabang atletik di Indonesia juga kerap diikutkan dalam kejuaraan dunia.

Selanjutnya : Pengertian Kompilasi Hukum Islam
Sebelumnya: Kebiasaan Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar