Aturan Berlalu Lintas yang Baik Sesuai Rambu-rambu


Para pengendara di jalan raya pasti tidak asing dengan istilah menaati aturan berlalu lintas yang baik sesuai rambu-rambu lalu lintas. Menaati aturan berlalu lintas sangat penting untuk dilakukan semua pengguna jalan raya. Menaati aturan dan rambu-rambu lalu lintas sama artinya dengan menciptakan kenyamanan dan keselamatan bagi sesama pengguna jalan raya.

Aturan Lalu Lintas

Lalu lintas di dalam Undang-Undang no. 22 tahun 2009 didefinisikan sebagai gerak kendaraan dan orang di ruang lalu lintas jalan. Peraturan adalah kesepakatan bersama yang lumrahnya harus dipatuhi agar tercipta keselarasan dan kenyamanan bersama.

Rambu-rambu (tanda-tanda) lalu lintas adalah peralatan untuk menunjukan tanda-tanda penting di jalan raya sehingga tercipta keteraturan dalam penggunaan jalan raya, menaati rambu-rambu lalu lintas merupakan salah satu aturan yang harus dijalankan dalam berkendaraan di jalan raya.

Rambu-rambu lalu lintas digolongkan ke dalam beberapa jenis, yaitu: rambu peringatan, rambu petunjuk, rambu larangan, dan rambu perintah. Golongan yang masuk ke dalam rambu peringatan adalah rambu yang bertugas mengingatkan pengendara kendaraan untuk berhati-hati, biasanya diletakkan pada daerah yang rawan atau jalanan yang rusak, berwarna kuning atau hitam.

Rambu petunjuk bertugas untuk memberikan petunjuk arah agar pengendara kendaraan tidak tersesat. Biasanya berwarna hijau sebagai dasar dan putih sebagai tulisan.

Rambu larangan bertugas menunjukan larangan-larangan yang penting bagi pengendara kendaraan seperti dilarang berbelok, berbalik arah, dan sebagainya, biasanya dominan berwarna merah dan hitam. Rambu perintah bertugas memberikan perintah seperti berbelok ke satu arah, biasanya berwarna biru dan putih.

Pelanggaran aturan dan rambu-rambu lalu lintas tentu memiliki efek buruk baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Efek yang paling ringan tentu saja terkena peringatan dan dijatuhi hukuman pelanggaran dari polisi lalu lintas.

Tetapi itu belum begitu buruk jika dibandingkan resiko yang lebih besar seperti kecelakaan yang mengakibatkan kematian diri maupun orang lain. Oleh karena itu, agar tercipta kenyamanan dan keselamatan dalam berkendaraan di jalan, sangat penting untuk memiliki kesadaran menaati aturan berlalu lintas yang baik sesuai rambu-rambu lalu lintas.

Selanjutnya : Belajar Main Catur Buat Pemula, Aturan dan Strategi
Sebelumnya: Memahami Penulisan Gelar Doktor S3 dari Dalam Negeri dan Luar Negeri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar